Ringankan Beban Warga, Husler Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

387

LUTIM – Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menyerahkan bantuan bagi korban angin puting beliung yang tertimpa pohon di Desa Patengko, Kecamatan Tomoni Timur, dan Desa Panca Karsa serta Desa Margolembo, Kecamatan Mangkutana, Rabu (30/01/2019).

Bantuan diserahkan Bupati Luwu Timur di dampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur, Drs. Sukarti, Kepala BPBD, Muh. Zabur, Kadis PMD, Halsen, Camat Mangkutana, Awaluddin, Sekcam Tomoni Timur, Sulkifli, serta Kepala Desa Patengko, Panca Karsa dan Margolembo.

Selain menyampaikan duka, Husler juga memberikan langsung bantuan berupa peralatan dapur, bahan makanan, pakaian, selimut dan kebutuhan pokok lainnya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Luwu Timur, kami mengucapkan turut berduka atas kejadian ini, kami bisa merasakan kepedihan yang warga rasakan. Meski tidak ada korban jiwa, namun semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita dan senantiasa waspada terhadap musibah alam,” ucap Husler.

Husler berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban Keluarga yang menjadi korban angin puting beliung dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pasca musibah tersebut, dan mengajak warganya yang terkena musibah tetap bersabar atas bencana yang terjadi.

“Saya minta seluruh stakeholder terkait untuk senantiasa berkoordinasi guna menunjang percepatan penangan bencana ini, baik penyaluran logistik ataupun terkait hal teknis lainnya,” tandas Husler.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Luwu Timur, Sukarti menyebutkan, ada enam unit rumah yang rusak parah, rumah tersebut masing-masing berada di Kecamatan Mangkutana dan Tomoni Timur.

Masing-masing korban adalah, Lisman, warga Dusun Lopi, Desa Panca Karsa, Kec. Mangkutana. Tempat tinggalnya rusak parah di hantam angin dan ditimpa pohon besar. Dirumah ini juga Jenni menjadi korban tertimpa tiang rumah saat pohon besar menimpa rumahnya. Ia mengalami luka di bagian kepala dan dilarikan ke rumah sakit.

Selanjutnya korban di Desa Margolembo yakni Misri, Jumianto, Japar, dan Aco mengalami rusak parah atap rumah terbang dibawa angin. Sedangkan Yakob Minggu, warga Desa Patengko, Kec. Tomoni Timur, rumahnya rusak parah tertimpa pohon kelapa.

Musibah ini terjadi hari Selasa sore (29/01/2019) sekitar pukul 15.30 Wita. Dimana saat itu Hujan sangat lebat yang disertai dengan angin kencang. (has/liq)