Rintis Wisata Buah Di Desa Lamunre Tengah, Bupati Luwu Apresiasi LDII

77
Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattatayang memberikan apresiasi kepada Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Luwu atas prakarsanya bersama Pemerintah Desa Lamunre Tengah melakukan Gerakan Tanam Pohon Buah. (Dok. Pemkab Luwu)
ADVERTISEMENT

LUWU — Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattatayang memberikan apresiasi kepada Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Luwu atas prakarsanya bersama Pemerintah Desa Lamunre Tengah melakukan Gerakan Tanam Pohon Buah.

Gerakan Tanam Pohon Buah ini disambut baik oleh H Basmin Mattayang karena sangat sesuai dengan konsep Pemerintah Kabupaten Luwu yang bertujuan menggerakkan masyarakat dalam rangka penghematan belanja rumah tangga.

ADVERTISEMENT

“Gerakan Tanam Pohon Buah ini sesuai dengan konsep Pemerintah Daerah, yaitu konsep pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga dengan menanam sayuran dan buah-buah dengan tujuan menghemat pengeluaran rumah tangga,” kata H Basmin Mattayang saat melakukan penanaman buah di Desa Lamunre Tengah Kecamatan Belopa Utara, Kamis (10/3/2022)

Harapan H Basmin Mattayang, Gerakan Tanam Pohon Buah yang digagas oleh LDII dan Pemdes Lamunre Tengah ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk berinovasi menanam pohon buah di halaman rumah masing-masing

“Di halaman kantor juga nantinya kita akan menanam pohon buah-buahan. Termasuk halaman rujab nantinya kita akan jadikan kebun sayur dan buah tradisional, semua sayur-sayur tradisional akan kita tanam, seperti dengeng, kadundung, kasambi dan lain sebagainya. Kedepannya disana kita akan jadikan lokasi wisata sayur dan buah-buahan tradisional,” ungkap H Basmin Mattayang

Kepala Desa Lamunre Tengah, Suradi DM menjelaskan, sangat mendukung Gerakan Tanam Pohon Buah yang digagas oleh LDII karena merupakan wujud nyata peran aktif masyarakatnya dalam kemajuan Desa Lamunre Tengah.

“Insya Allah Pemdes Lamunre Tengah akan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar 20 persen untuk dikelola menjadi sumber ekonomi baru masyarakat Desa Lamunre Tengah, salah satunya dengan pembangunan rumah bibit dan pengelolaan rumah produksi pupuk organik untuk mendukung Gerakan Tanam Pohon Buah ini,”ungkap Suradi

Sementara itu, Ketua PC LDII Kabupaten Luwu, Muhlisin melaporkan, bahwa Gerakan Tanam Pohon Buah ini menjadi bagian dari Program kerja LDII Kabupaten Luwu sekaligus sebagai langkah awal untuk mewujudkan lahirnya obyek wisata buah di Desa Lamunre tengah.

“Lokasi yang berukuran kurang lebih 1 hektar ini akan ditanami berbagai macam pohon buah, seperti Lengkeng, Durian, Alpukat, Jambu Biji dan Jeruk,” ujar Muhlisin. (hwn)

ADVERTISEMENT