Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca Diharap Mampu Naikkan Minat Baca Masyarakat Palopo

54
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Pemerintah Kota Palopo melaksanakan roadshow pengembangan kegemaran membaca. (foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Pemerintah Kota Palopo melaksanakan roadshow pengembangan kegemaran membaca. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mempromosikan dan membudayakan gemar membaca, Kambo Higland Selasa (16/11/2021).

Kepala UPT Perpustakaan Provinsi Sulsel, Abdul Hadi menyampaikan kegiatan ini ada di 24 kabupaten kota, dan kegiatan ini diadakan secara rutin di kabupaten kota peserta yang dirangkul bukan hanya dari ASN namun sasarannya meluas ke Penggiat komunitas literasi.

“Kami berharap tahun depan Kota Palopo mendapatkan bantuan untuk pembangunan perpustakaan yang baru,” kata Abdul Hadi.

Mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir, Asisten III, Bidang Administrasi Umum dr Ishak Iskandar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel telah melaksanakan kegiatan ini di Palopo.

ADVERTISEMENT

Literasi digital sangat penting terutama untuk anak-anak jaman sekarang yang terlaku berfokus ke gadget. Di jaman globalisasi saat ini, buku memang dapat dibaca dengan fisiknya atau juga bisa dengan digital.

“Maka kita bisa membaca buku kapanpun dan dimanapun, namun menurut data, minat baca di kalangan masyarakat perlu didorong agar penyebaran dari berbagai disiplin ilmu dapat diketahui oleh masyarakat dari level anak-anak hingga dewasa,” kata dr Ishak.

Berbagai strategi perlu dibangun untuk membiasakan kegemaran membaca di kalangan masyarakat. “Peran orang tua dan guru memahamkan siswa giat membaca menumbuhkan minat baca dimulai sejak dini melihat anak-anak sekarang lebih menyukai media gawai dibandingkan membaca buku,” jelasnya.

Turut Hadir Kepala Dinas Perpustakaan Kota Palopo, Kepala Lapas Klas II A Palopo, dan Crew dari Dispersip Pemprov Sulsel. (kominfo)

ADVERTISEMENT