Ronaldo Ukir Sejarah Baru di Euro 2020: Portugal Ngamuknya di Menit Terakhir, Bungkam Hungaria 3-0, Jerman Takluk 0-1 atas Perancis

288
ADVERTISEMENT

SERUYA SPORTS–Dua partai menarik sepanjang tengah malam hingga dini hari tadi membuat penggila bola terhibur dengan suguhan fase penyisihan grup Euro 2020 yang bisa disaksikan di Mola TV.

Dua partai pembuka di grup maut alias neraka di grup F, antara Hungaria Vs Portugal kemudian dilanjut Perancis Vs Jerman.

ADVERTISEMENT

Oke, kita mulai ulas satu demi satu yaaa… Sambil minum teh hangat atau ngopi bolehlah sekalian sarapan pagi.

Pertandingan Hungaria vs Portugal berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Rabu dinihari WITA, pada pertandingan perdananya di grup F Euro 2020, akhirnya berakhir dengan skor tajam, 0-3.

ADVERTISEMENT

Dalam partai mendebarkan ini, Cristiano Ronaldo sukses menjaringkan dua gol dan konconya, Raphael Guerreiro juga turut nyumbang satu gol.

Menariknya, ketiga gol Portugal itu tercipta dalam hitungan 8 menit, dan terjadi justru di menit-menit akhir pertandingan di babak kedua. Pokoknya keren!

ADVERTISEMENT

Skor di babak pertama berakhir imbang 0-0.

Adalah Raphael Guerreiro yang sukses memecah kebuntuan pada menit ke-84 yang kemudian digandakan Ronaldo dari titik penalti di menit ke-87. Belum cukup? Penyerang Juventus itu malah nambah satu gol lagi, di tiga menit jelang laga usai pada menit 90+2.

Tak kunjung menjebol gawang Hungaria, pelatih Fernando Santos menarik Jota dan William Carvalho dengan duet Andre Silva dan Renato Sanches pada menit 81. Dan keputusan tersebut membuahkan hasil karena membuka lebar pertahanan Hungaria dengan energi tusukan yang diberikan Renato.

Tiga menit kemudian keputusan Santos itu membuahkan hasil ketika bola kiriman Rafa Silva membentur kaki pemain Hungaria untuk jatuh ke kaki Raphaël Guerreiro yang menyonteknya dan bola kembali terbelokkan arahnya sehingga mengecoh Gulasci untuk masuk ke gawangnya.

Tiga menit kemudian pada menit 87, Portugal mendapatkan hadiah penalti ketika Willi Orban menarik Rafa Silva di kotak penalti Hungaria yang tak ayal berbuah penalti dan sekaligus kartu kuning.

Ronaldo sukses mengeksekusi tendangan penalti ini ketika mengirim bola yang mengecoh Gulacsi bergerak ke arah yang salah sehingga Portugal menggandakan kedudukan 2-0.

Ronaldo kembali menciptakan gol setelah bermain satu dua dengan Rafa Silva, menyusul bola kiriman dari Renato Sanchez, yang diakhiri dengan gerakan mengecoh Gulasci untuk menciptakan gol ke-106 untuk Portugal.

Kemenangan ini menjadi modal bagi Portugal untuk menghadapi laga berikutnya melawan Jerman pada laga kedua Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu, 19 Juni mendatang.

Susunan Pemain Hungaria vs Portugal:

Hungaria: Peter Gulacsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Gergo Lovrencsics, Laszio Kleinheisler, Adam Nagy, Andras Schafer, Atilla Fiola; Adam Szalai, Roland Sallai

Portugal: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; William Carvalho, Danilo Pereira; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota; Cristiano Ronaldo

UEFA Euro 2020, France vs Germany Live Score (Foto: AP)

 

Dramatis, Laga Perancis Vs Jerman Seru!

Gol bunuh diri Mats Hummels pada menit 20 pertandingan Perancis vs Jerman di ajang Euro 2020, Rabu dinihari (16/6) terbukti fatal.

Dengan kekalahan ini maka Die Mannschaft sudah takluk empat kali dari enam head-to-head terkininya melawan Les Bleus.

Laga Perancis vs Jerman sudah terjadi enam kali sejak 2015. Skuad asuhan Joachim Low kalah dalam empat kesempatan, termasuk skor 2-1 pada UEFA Nations League terakhir kali pada Oktober 2018.

Dua head-to-head lain berakhir dengan skor 2-0, satu kali di ajang Euro 2016 dan lainnya laga persahabatan pada November 2015.

Kekalahan satu gol melawan Les Bleus ini langsung menurunkan peluang Jerman untuk bisa lolos sebagai dua urutan teratas Grup F Euro 2020.

Portugal berhasil menduduki ranking pertama berkat kemenangan 0-3 atas tuan rumah Hungaria, beberapa jam lalu pada Selasa malam (15/6) dan pasukan Didier Deschamps berada pada posisi kedua grup.

Gol bunuh diri Mats Hummels (Jerman) pada menit 20 itu didahului sebuah serangan berbahaya dari Paul Pogba yang diarahkan ke tiang jauh gawang Manuel Neuer, dengan Lucas Hernandez muncul di sana dan mengirim sepakan kembali ke depan gawang, terarah kepada Kylian Mbappe.

Bek tengah Borussia Dortmund itu mencegat bola dengan cara menyundulnya tapi kurang keras dan kurang ke atas. Sebagai akibatnya si bundar mengarah ke bagian atas gawang Neuer dan masuk! Sang penjaga gawang berusia 35 tahun itu terlihat sangat jengkel dengan gol bunuh diri ini.

Permainan hati-hati kedua tim menyebabkan tidak ada gol kedua terjadi selama 70 menit sesudahnya. Anak-anak Joachim Low gagal melepaskan satu pun tembakan on target selama 45 menit pertama dan mereka gagal pula melakukannya pada babak kedua.

Terdapat dua peluang emas di kedua ujung lapangan pada awal babak kedua.

Pertama melalui sepakan Adrien Rabiot yang menghantam tiang gawang Jerman pada menit 52, sebelum disusul oleh satu tendangan voli Serge Gnabry – memanfaatkan satu umpan dari Robin Gosens – melayang tipis di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Joachim Low berusaha menyelamatkan timnya dengan memasukkan dua pemain sekaligus pada menit 74: Timo Werner dan Leroy Sane guna menggantikan Serge Gnabry dan Kai Havertz.

Namun masih gagal berujung gol. Juga dua pergantian pada menit 88: Kevin Volland dan Emre Can masuk, mengorbankan Gosens dan Matthias Ginter tetap tidak berdampak apa-apa.

Sebenarnya ada satu gol oleh Karim Benzema pada menit 85 tapi kemudian dibatalkan wasit dengan alasan sudah terjadi offside lebih dulu sebelumnya.

Seharusnya itu bisa menjadi gol pertama Benzema usai absen lima tahun dari pasukan Les Bleus. Skor 1-0 tetap bertahan sampai peluit akhir, seperti dikutip Koran Seruya dari gilabola.com

Nah, sesuai dengan prediksi Koran Seruya kemarin, bukan?

BACA JUGA:  Perancis Vs Jerman, Siapa Bakal Menang? Intip Prediksi Jagoan Anda DISINI

Susunan Pemain:

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Kimpembe, Lucas, Pogba, Kante, Rabiot, Griezmann, Mbappe, Benzema

Jerman: Neuer, Ginter, Hummels, Rudiger, Kimmich, Kroos, Gundogan, Gosens, Havertz, Muller, Gnabry

Ronaldo Ukir Sejarah Baru di Euro 2020

Melansir CNN Indonesia, Cristiano Ronaldo mencetak lima rekor usai tampil membela timnas Portugal melawan Hungaria dalam laga pertama fase grup Euro 2020 (Euro 2021).

Sebelum Piala Eropa berlangsung, Ronaldo sudah disebut-sebut berpotensi memecahkan beragam rekor. Terbukti dalam laga pertama Selecao das Quinas, pemain Juventus itu langsung menorehkan sederet capaian.

Tak cuma rekor yang berkaitan dengan Euro, Ronaldo juga mencatatakan hasil tertinggi di kategori yang berkenaan dengan kejuaraan sepakbola lain.

Berikut lima rekor Ronaldo usai Portugal mengalahkan Hungaria 3-0:

1. Dengan bermain di matchday pertama Grup F, Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang tampil di lima edisi Piala Eropa. Ronaldo mencatatkan debut di Euro 2004. Selanjutnya pemain yang identik dengan nomor 7 tersebut rutin tampil di ajang pesta sepak bola Benua Biru.

Ronaldo pun melewati catatan 17 pemain lain yang pernah tampil dalam empat perhelatan Euro.

2. Ronaldo juga menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di lima perhelatan Piala Eropa. Dalam empat edisi sebelumnya Ronaldo tak pernah absen membobol gawang lawan.

3. Dua gol ke gawang Hungaria membuat Ronaldo kini mengoleksi 11 gol dan menjadikannya sebagai pemain tersubur sepanjang masa Piala Eropa. Sebelumnya, Ronaldo mencetak sembilan gol atau sejajar dengan Michel Platini.

Sebelumnya Ronaldo mencetak dua gol di Euro 2004, satu gol di Euro 2008, serta masing-masing tiga gol di Euro 2012 dan 2016

4. Ronaldo kini mengoleksi 39 penampilan di turnamen besar, Piala Eropa dan Piala Dunia. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara pemain-pemain lain.

Pemain Juventus itu sebelumnya punya catatan yang sama dengan mantan gelandang Jerman, Bastian Schweinsteiger, yang tampil 38 kali di Piala Eropa dan Piala Dunia.

5. Ronaldo menjadi pemain tertua yang bisa mencetak dua gol di Piala Eropa. Dengan usia 36 tahun 130 hari, Ronaldo mengambil alih rekor Andriy Shevchenko yang mencetak dua gol di Euro 2012 pada usia 35 tahun 256 hari.

(*)

ADVERTISEMENT