RS Bintang Laut Palopo Akreditasi Paripurna, Kadis Kesehatan Sarankan Naik Kelas

2111
Direktur RS Bintang Laut, dr T LuisaNunuhitu memberikan potongan tumpeng kepada wakil walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso pada perayaan syukuran akreditasi, Rabu (16/1/19) malam lalu.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Rumah Sakit Bintang Laut Palopo meraih akreditasi secara paripurna di kelas D dengan lima bintang dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) pada 31 desember 2018 lalu.

Raihan akreditasi paripurna itu merupakan yang pertama di Luwu Raya. Kadis Kesehatan Palopo, dr Ishaq Iskandar mengatakan, RS Bintang Laut di Palopo menyebut rumah sakit yang berada di jalan KHM Kasim itu merupakan salah satu pelopor.

ADVERTISEMENT

“Selamat kepada RS Bintang Laut Palopo. Semoga dengan akreditasi ini, kualitas layanan semakin ditingkatkan,” katanya.

BACA JUGA :RS Bintang Laut Syukuran Akreditasi Paripurna, Wawali : Ini Luar Biasa

ADVERTISEMENT

Ditanya soal kelayakan naik kelas, dr Ishaq mengatakan hal itu bisa saja dilakukan asalkan sudah memenuhi syarat Sumber Daya Manusia (SDM) dan alat, sarana, prasarana kesehatan (aspak).

“RS Bintang Laut ini sudah meraih akreditasi paripurna di kelas D. Kita sarankan untuk mengusulkan kenaikan kelas ke Dinkes dan kementerian kesehatan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, direktur RS Bintang Laut, dr T Luisa Nunuhitu mengatakan, RS yang dipimpinnya itu telah terakreditasi oleh KARS oada tahun 2015 lalu melalui program khusus dan diverifikasi setiap tahun oleh tim KARS.

“Pada tanggal 7-8 desember 2018 lalu, kami menguji diri kami melalui survei final akreditasi versi SNARS edisi I, standar yang baru diberlakukan per 1 januari 2018 di seluruh Indonesia,” sebutnya.

BACA JUGA :Loyal Sejak Tahun 1992, PLN Beri Penghargaan ke RS Bintang Laut Palopo

Terkait hasilnya yang paripurna, kata dr Luisa bukan berarti pihaknya telah sempurna. Termasuk tidak semua layanan dan fasilitas tersedia.

“RSBL adalah RS kelas D. Maka fasilitas dan layanan yang tersedia adalah sesuai standar kelas D. Harapan kami, dengan akreditasi paripurna ini, mutu layanan rumah sakit semakin meningkat,” harapnya.

Untuk saran kenaikan kelas, lanjut dr Luisa, pihaknya memang sedang menganalisa. “Kami memang rencana usul naik kelas. Sementara menganalisa plus minusnya,”tambahnya.

BACA JUGA :3 Siswa SMPN 10 Palopo Kedapatan Isap Lem Fox Saat Jam Sekolah

Terakhir, dr Luisa tak lupa mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak selama ini kepada RS Bintang Laut. Mulai dari pemerintah kota Palopo, Dinas Kesehatan, organisasi profesi, mitra kerja, pasien dan keluarga pasien, vikep kevikepan Luwu Raya, para pastor hingga gereja katolik Santo Mikael.

Sebelumnya, pada acara syukuran atas raihan akreditasi Rabu (16/1/19) mala lalu, wakil walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso yang turut hadir mengucapkan selamat kepada RS Bintang Laut.

“Ini luar biasa. Pertama di Luwu Raya yang meraih akreditasi paripurna. Namun, penghargaan yang luar biasa ini harus dimaknai dengan peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi,” kata RMB sapaan akrab wawali.

Pemerintah kata RMB akan terus mensuport RS Bintang Laut. “RS Bintang Laut semakin bagus, makin banyak orang datang di Palopo. RS ini milik bersama. Sekali lagi, selamat untuk keluarga besar RS Bintang Laut,” katanya. (asm)

Kadis Kesehatan, dr Ishaq Iskandar menyampaikan sambutan pada syukuran akreditasi RS Bintang Laut Palopo.

ADVERTISEMENT