RSUD Sawerigading Komitmen Terapkan Layanan Khusus Lansia

133
Penandatanganan komitmen bersama terbentuknya layanan Go Ride.

PALOPO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading komitmen memberikan layanan khusus kepada pasien lanjut usia (lansia). Dalam waktu dekat ini, RS milik pemkot Palopo itu akan meluncurkan layanan Go Ride.

Go Ride merupakan singkatan dari Gerakan Optimalisasi Geriatri Terpadu dan Efektif. Layanan ini khusus untuk pasien lanjut usia (lansia) tentunya.

Sebelum efektif melayani pasien, pada Kamis (2/5/2019) lalu, RSUD Sawerigading menggelar visitasi dan in house training dari konsultan pelayanan Geriatri. Training ini dalam rangka menyatukan persepsi dan komitmen, sehingga jika layanan ini nantinya mulai diberlakukan, akan berjalan maksimal.

Direktur RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin Nawir mengatakan lansia memang menjadi prioritas utama setiap pelayanan. Di bandara misalnya, disiapkan kereta khusus untuk lansia. “Layanan khusus lansia ini memang sudah menjadi keharusan bagi rumah sakit di Indonesia. Kita akan jadikan ini layanan unggulan. Ini dalam rangka peningkatan layanan pasien,” sebutnya.

Sementara itu, pencetus Go Ride, dr Erna mengatakan nantinya akan ada poliklinik khusus Geriatri yang berdekatan dengan rehab medik.

“Selama ini pasien lansia banyak yang antri. Nantinya melalui Go Ride tidak lagi. Mereka dilayani di jalur khusus,” katanya. Pada saat pasien lansia sudah di poli, mereka akan didatangi dokter sesuai penyakit yang di derita. Tidak lagi bolak balik mencari ruangan dokter. Pasien yang didatangi oleh dokter,” tandasnya. (asm)