RSUD Sawerigading Segara Launching Inovasi Terbaru

315

PALOPO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo akan menghadirkan sistem pelayanan online cepat dan akurat yang rencananya bakal dilaunching Senin (21/10/2019) mendatang.

Launching program Sistem Pengajuan Klaim Secara Cepat dan Akurat yang disingkat Simpel Sekali, itu merupakan inovasi yang dirancang oleh sumber daya RSUD Sawerigading Palopo.

Hal itu diungkapkan, Direktur Administrasi Keuangan dan Binaprogram RSUD Sawerigading Palopo, Aifah, Kamis (10/10/2019). Ia mengatakan, jika program pengajuan klaim secara cepat ini memiliki manfaat yang efesien dan akurat dalam pengelolaan data dan pelayanan pasien. Bekerja sama dengan pihak BPJS, Aifah menerangkan jika semua instalasi nantinya sudah terhubung oleh program ini.Hal itu untuk mempermudah segala pengurusan pasien.

“Contohnya orang yang akan mengambil obat di apotek tidak lagi lama atau antre. Dokter yang sudah memeriksa pasien langsung mengirim ke apotek obat apa yang dibutuhkan pasien. Jadi pasien saat tiba di apotek tidak antre lagi karena obatnya sudah disediakan oleh pihak apotek,” ungkapnya.

Lanjut Aifah, contoh lainnya seperti ketika pasien yang datang kerumah sakit, usai diperiksa di rekam medik maka langsung akan diketahui kamar mana yang kosong dan akan ditempati nantinya. Ia juga menambahkan jika manfaat lain dari program ini bisa lebih menghemat biaya dan tidak lagi rumit dalam hal kepengurusan.

“Jadi sistem ini juga menghemat biaya dalam administrasi pasien ke BPJS. Karena biasanya itu sebulannya kurang lebih 1300 data pasien yang ada dan itu kadang menghabiskan sampai 100 rim kertas untuk dikirim ke BPJS. Nah melalui sistem ini tidak lagi seperti itu kami hanya sisa mengirim data pasien melalui online ke BPJS,” tandasnya.

Beberapa waktu yang lalu, RS milik pemkot Palopo itu juga telah meluncurkan tiga program inovasi layanan. Tiga program inovasi tersebut adalah Simfoni Ceria, Go-Ride, dan layanan Sipakainga.

“Inovasi ini untuk meningkatkan mutu pelayanan. Kami terus berbenah untuk semakin meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan. Hal ini ditandai dengan terciptanya inovasi pelayanan di RSUD Sawerigading,” kata Direktur RSUD Sawerigading, Dr Nasaruddin Nawir.

Simfoni Ceria merupakan singkatan dari Sistem Pendaftaran Online Cepat, Ringkas dan Akurat. Melalui layanan ini, pasien bisa daftar melalui aplikasi WA yang mampu mengurangi jadwal tunggu di RS. Ini bisa untuk pasien poli peserta BPJS ataupun reguler. “Untuk pendaftaran secara online, bisa lewat WhatsApp (WA) di nomor 085333222400 dengan mencantumkan nama dan NIK sesuai KTP,” jelasnya.

Kemudian ada layanan Go Ride (Gerakan Optimalisasi Geriatri Terpadu dan Efektif). Go Ride ini dikhususkan bagi pasien lanjut usia. Di mana, dokter yang akan mendatangi pasien di poli sesuai dengan penyakitnya. Lalu ada layanan Sipakainga (Sistem Paket Pelayanan Pasien Paru Terintegrasi). Pasien infeksius akan dipisah dengan pasien lainnya, termasuk dalam hal pengambilan obat.

Dr Nasar juga menmabhakn RSUD Sawerigading Palopo telah berhasil mempertahankan tipe B, setelah direview Kemenkes. “Hasil review atau penilaian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah dikeluarkan lewat surat rekomendasi penyesuaian kelas rumah sakit. Berdasarkan hasil review kelas Rumah Sakit, sebanyak 615 Rumah Sakit Umum (RSU) dan 283 Rumah Sakit Khusus (RSK) se Indonesia diturunkan kelasnya,” jelasnya. (asm)