Ruangan Kades Rinjani Wotu Terbakar, Imbas Pilkades Tuai Protes?

187
Salah satu perabot dalam ruangan kerja Kades Rinjani terbakar

MALILI–Ruangan kerja kepala desa Rinjani, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulsel, terbakar. Muncul sinyalemen diduga dibakar, Senin (2/12/2019), sekitar pukul 05:00 Wita.

Saksi mata, H Nasean, imam masjid di desa itu, hendak ke masjid menunaikan salat subuh. Saat melintas di samping kantor desa, saksi melihat kobaran api di ruangan kerja kepala desa. Saat itu, H Nasean meminta bantuan warga lainnya untuk memadamkan api.

“Waktu mau ke masjid, saya melihat ada kobaran api di ruangan Pak Kades,” kata H Nassean.

Beberapa saksi di lokasi kejadian saat berusaha memadamkan api, menemukan jendela kaca ruangan kades pecah. Temuan ini memunculkan dugaan jika ada oknum warga yang memecahkannya, dan ada kaitannya dengan kebakaran ruangan kades. Namun, polisi masih menyelidiki kasus ini.

Kebakaran ruangan kades Rinjani ini memunculkan tanda tanya besar. Apalagi, sempat terjadi aksi unjukrasa di Kantor Desa Rinjani tanggal 29 November 2019 lalu, sebagai imbas penyelenggaraan Pilkades di desa itu.

Dalam aksi unjukrasa itu, pengunjukrasa menuntut BPD Desa Rinjani tidak menetapkan kades terpilih. Bupati Lutim juga diminta mengadakan Pilkades ulang.

Untuk diketahui, Desa Rinjani pasca Pilkades 20 November 2019 lalu terdapat dua Calkades yang memperoleh suara draw atau seri. Dua Calkades ini meraih suara sama, yakni 281 suara.

Polisi masih mengusut penyebab kebakaran ruangan kerja Kades Rinjani. (iys)