Rumah Susun Senilai Rp14 Miliar Lebih Mulai Dibangun di Palopo

2505
Komisi II saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan rusun sewa yang ada di Kelurahan Songka.

PALOPO — Rumah Susun (Rusun) sewa senilai Rp14 miliar lebih mulai dibangun di Kelurahan Songka Kecamatan Wara Selatan, Kamis (2/8/18). Rusun sewa 3 lantai itu menggunakan Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) dari Kementerian PUPR Dirjen Penyediaan Perumahan.

Komisi II DPRD Palopo dipimpin Herman Wahidin didampingi dua rekannya masing-masing Dahri Suli dan Budiman melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan proyek tersebut. Ini dilakukan karena penyediaan lahan serta penimbunannya menggunakan APBD Kota Palopo Rp995 juta lebih.

“Dulu, usulan Dinas Perumahan untuk penimbunan lahan seluas 1 hektar lebih sebanyak Rp1,5 miliar. Tapi dipangkas menjadi Rp995 juta. Mudah-mudahan ini cepat selesai dan berguna untuk masyarakat,” kata Opu Tazar, sapaan akrab Herman Wahidin.

Sementara itu Manager PT Citra Prasasti Konsorindo yang mengerjakan rusun sewa, Ishak mengatakan saat ini pihaknya mulai memasangan tiang pancang untuk bangunan rusun yang panjangnya mencapai 61,25 meter dengan luas 12,75 meter. “Kita target, bangunan rusun sewa ini selesai pada Desember mendatang,” katanya.

Ishak menambahkan, rusun sewa nantinya memiliki 42 kamar tipe 36. Setelah selesai dibangun akan dilakukan penyerahan dari kementerian ke pemkot. “Ya, setelah jadi akan diserahkan ke pemkot. Soal siapa yang menghuni rusun, itu nanti kewenangan pemkot Palopo,” tandasnya. (asm)

Tiang pancang rusun sewa mulai ditancapkan menggunakan mesin.