Rumah Walet di Sungai Rongkong Palopo Dilapap Api, Kerugian 150 Juta, Videonya Memilukan

473
ADVERTISEMENT

PALOPO–Sebuah rumah yang terletak di Jalan Sungai Rongkong kelurahan Salobulo, Wara Utara, Palopo sekira pukul 22.00 Wita dilalap si Jago Merah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Palopo, A. Musakkir melalui Penanggungjawab Operasi, Jaka, kepada Koran Seruya mengatakan, pada Sabtu malam (5/6/2021), sebanyak 5 unit mobil Damkar diturunkan pihaknya guna mengatasi kobaran api.

ADVERTISEMENT

“Kami terima laporannya 22.42 Wita, kemudian pada pukul 22.44 Wita 1 Unit Damkar Sektor Timur dengan sigap langsung meluncur ke lokasi kejadian.”

“Kemudian pada pukul 22.45 Wita, unit Damkar dengan nomor lambung 103, 105, 301 dan 102 atau sebanyak 4 unit menyusul lagi dengan gesit membantu pemadaman api di rumah walet milik Saifullah,” terang Jaka.

ADVERTISEMENT

Masih kata Penanggungjawab Operasi di Dinas Damkar Palopo itu, penyebab sementara diduga akibat adanya korsleting listrik.

Berkat keterampilan dan profesionalisme Petugas Damkar, hanya butuh waktu 45 menit api berhasil dikuasai.

“Kendala kami cuma satu, akses jalanan masuk ke TKP cukup sulit, karena tidak ada jalan, maklum saja, di lokasi kebakaran berada di tengah empang-empang. Sehingga Petugas harus berjalan kaki masuk,” cerita Jaka, mengisahkan perjuangan anggotanya di lapangan.

Akibat peristiwa nahas ini, Saifullah menderita kerugian ditaksir sebesar Rp150 Juta.

Setelah api dipastikan padam, kelima unit mobil Damkar Palopo pun kembali ke pangkalannya masing-masing.

Cucuran peluh dan keringat para Petugas terbayar dengan selesainya tugas mereka dengan baik, meski medan yang dihadapi cukup sulit dan melelahkan.

Namun ada hal menarik lainnya yang terjadi.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, ada permintaan unit Damkar lagi, dimana tidak jauh dari lokasi kebakaran, ada warga yang meminta bantuan untuk memindahkan sarang lebah/tawon, yang cukup mengganggu di atap rumahnya di kawasan Sabbamparu.

“Pas sedang di TKP kebakaran, ada lagi permintaan warga untuk memindahkan sarang tawon, tidak jauh dari lokasi kebakaran, ya terpaksa 1 regu kami kirim lagi ke sana, di sela-sela kesibukan kami memadamkan api. Kejadiannya tadi malam sekitar jam 23.00 Wita,” pungkas dia.

Walhasil, kedua tugas itupun dapat diselesaikan dengan baik.

Intip videonya DISINI

 

(*)

ADVERTISEMENT