Sambangi Dua Sekolah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Luwu Bawa “Barang” ini

188

Walenrang — Dalam upayanya menumbuhkembangkan budaya membaca pada semua kalangan masyarakat di kabupaten Luwu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengunjungi dua perpustakaan binaannya, Rabu (6/11/2019).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Luwu, Hasbullah tengah berupaya meningkatkan budaya membaca, literasi sekolah, literasi keluarga dan literasi masyarakat.

“Kali ini kami (Dinas Perpustakaan) mengunjungi dua perpustakaan binaan, di SDN 94 Lalong dan Perpustkaan Melati di Desa Batusitanduk, Kec. Walenrang, Kab. Luwu,” ungkapnya, Rabu (6/11/2019).

Hasbullah bilang, keberadaan perpustakaan di sekolah, merupakan salah satu pilar penting guna mendukung kegiatan belajar mengajar agar berhasil di sekolah.

“Perpustakaan memiliki peran yang jauh lebih penting sebagai tempat belajar dan mengelola pengetahuan tentang tujuan dan perpustakaan yang terkait dengan tempat pengumpulan, menata, mengolah, menyimpan, melestarikan, merawat dan menyediakan bahan pustaka dalam berbagai bentuk,” papar Hasbullah.

Dalam kunjungannya ini, Hasbullah meminta ke pihak sekolah dan perangkat desa yang merupakan binaan dari Dinas Perpustakaan Kab. Luwu untuk membenahi ruang baca guna tersedianya tempat yang nyaman bagi pengunjung perpustakaan binaannya.

“Sebagai salah satu pilar pendukung keberhasilan belajar, perpustakaan perlu menyediakan tempat yang nyaman, kenyamanan yang menyenangkan bagi pengunjung, bahkan untuk selanjutnya, suasana yang menyenangkan ini dapat menarik minat orang-orang yang pada awalnya enggan datang ke perpustakaan menjadi suka datang ke perpustakaan. Jadi, sebagai langkah awal, perpustakaan harus mampu menyodorkan daya tarik bagi pengunjung terlebih dahulu,” terang dia.

Selain kunjungan, Hasbullah juga membawa serta mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan yang menyediakan buku bacaan, yang tentu saja untuk menarik niat baca siswa/siswi Sekolah Dasar.

” Ada perpustakaan keliling juga yang kami bawa, menyediakan berbagai macam buku bacaan untuk menarik minat baca siswa/siswi yang ada di SDN 94 Lalong,” pungkas Kadis penggiat literasi ini. (Fit)