Sandiaga Dijadwalkan Berkunjung, Bawaslu Palopo Tertibkan Poster Jokowi

1890
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sikap tegas ditunjukkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bapilu) Palopo bersama Satpol PP, Minggu (03/03/2019). Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) milik calon presiden 01 Joko Widodo, ditertibkan. Alat peraga berupa poster dengan gambar Joko widodo tertulis “Kerja Nyata” dan “lanjutkan”.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Ketua Bawaslu kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra mengatakan, alat peraga itu dinilai melanggar ketentuan yang ada karena ditempel dan dipaku di pohon. Selain itu pemasangan juga bukan pada zona kampanye, bahkan dipasang pada sarana pendidikan.

ADVERTISEMENT

“Sesuai rekomendasi Panwascam Wara Selatan, ditemukan beberapa banner dan poster yang dipaku di pohon-pohon bahkan ada juga yang melengket di fasilitas pendidikan. Jadi kami tertibkan,” jelasnya. Alat peraga kampanye milik calon presiden nomor urut 01 ini berada di dua kecamatan dalam Kota Palopo.

Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan. Itu terpasang pada ruas jalan dan di tempel di pohon hingga tiang listrik. “Hari ini di dua lokasi kecamatan kami lakukan penertiban APK, karena memang mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 23, 28, dan 33 tentang kampanye. Dalam pasal 31 ayat h disebutkan bahwa APK dan bahan kampanye dilalrang ditempel di taman dan pepohonan,” jelas Asbudi.

ADVERTISEMENT

Selain menertibkan alat peraga kampanye milik calon presiden, Bawaslu dan Satpol PP juga menertibkan alat peraga kampanye milik calon legislatif yang melanggar aturan. “Kami cabut APK baik Calon Presiden, Calon Legislatif dan Calon DPD yang terpasang karena melanggar,” tegasnya.

Sementara itu, Panglima Pemenangan Relawan PAS08 Sulsel, Ryan Latief mengkonfirmasi, calon wakil presiden Sandiaga Uno rencananya akan berkunjung ke Kota Palopo, antara 31 Maret hingga 02 April 2019 mendatang. ” Jadwal pastinya antara tanggal itu. Selain ke Palopo, Sandiaga juga akan berkunjung ke sejumlah daerah di Sulsel lainnya. Kami sudah siap menyambutnya,” kata Ryan . (adn)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT