Sapi Dari Bone Suplai Kebutuhan Daging Kurban di Kalimantan

710
Sapi kurban yang siap dikirim ke Kalimantan

KORANSERUYA.COM–Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bone menfasilitasi pengiriman Ratusan ekor sapi potong di kirim dari Bone menuju Kalimantan, hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di pulau Kalimantan.

Kepala dinas peternakan Kabupaten Bone, Aris Handono mengatakan, selama ini Bone menjadi sentra peternakan sapi potong, kata dia tiap tahun pada momentum Idul Adha permintaan hewan kurban diwilayah ini terus berdatangan.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, Permintaan datang lintas provinsi seperti dari Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan terutama dari Gorontalo,” kata Aris Handono saat ditemui diareal terminal Palakka, Minggu 5 Agustus 2018.

Dengan pengawasan disnak Bone, kualitas sapi potong lebih terjamin, khususnya ternak untuk kurban, baik dari segi usia ternak, kesehatan atau ternak potong yang bebas dari penyakit.

Iwan (40), salah seorang peternak dan pedagang sapi di Bone mengatakan menjelang idul Adha tahun ini dirinya telah menjual tak kurang dari 200 ekor sapi, kata dia pada momentum tersebut permintaan sapi potong dipastikan meningkat.

“Justru yang banyak itu permintaan sapi potong dari luar daerah, harganya bervariasi sesuai bobotnya dari 7,5 juta hingga 20 juta per-ekor,” kata Iwan. (abdulwarishasrat)