Satlantas Polres Luwu Timur Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2021 Selama 2 Minggu

329
ADVERTISEMENT

MALILI–Demi meningkatkan keselamatan dalam berkendara serta meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan Covid-19 jelang Ramadhan. Satuan Lalulintas Polres Luwu Timur akan menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2021.

Operasi Keselamatan Jaya 2021 ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai Senin 12 – 25 April mendatang. Operasi yang berlangsung sejak menjelang memasuki bulan Ramadan itu bertujuan untuk menekan angka penularan Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Selain itu tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, tertib berlalu lintas, dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Kasat Lantas Polres Luwu Timur, IPTU Desi, Sabtu (10/4/2021).

Selain menyasar penertiban lalu lintas, operasi itu juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap larangan mudik Lebaran 2021. Hal itu berdasarkan keputusan Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan larangan mudik pada masa libur Lebaran Mei mendatang. Larangan mudik akan berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

ADVERTISEMENT

Iptu Desi menyebutkan jika sejumlah titik di Luwu Timur akan menjadi lokasi Operasi Keselamatan yang digelar selama 14 hari ke depan.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban lakalantas sehingga akan dilakukan penindakan oleh anggota Satuan Lalulintas Polres Luwu Timur diantaranya, pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar.

“Pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, melebihi batas kecepatan, berkendara dalam kondisi pengaruh alkohol, melawan arus, dibawah umur, menggunakan hp saat berkendara dan kendaraan yang menggunakan lampu Strobo, rotator maupun sirine yang tidak sesuai peruntukannya,” jelas Iptu Desi.

(Rah)

ADVERTISEMENT