Satu-satunya dari Indonesia Timur, Eka Siswi SDN 1 Lalebbata Palopo Berhasil Tembus 10 Besar Lomba MSR Tingkat Nasional

7356
Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar, siswi SDN 1 Lalebbata Palopo sukses tembus 10 besar lomba menulis surat remaja tingkat Nasional, yang diselenggarakan Kementerian Kominfo.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar, berhasil menembus 10 besar kategori lomba menulis surat remaja tingkat Nasional, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Eka, sapaan akrab siswi SDN 1 Lalebbata itu berhasil menjadi 10 terbaik dari 3000 lebih peserta se Indonesia, yang ikut serta dalam event tersebut.

ADVERTISEMENT

Bersaing dengan sejumlah sekolah ternama seperti Focus Independen School Surakarta, SMP Creative School Pekanbaru Riau, SMPN 179 Jakarta Timur, pihak SDN 1 Lalebbata tetap optimis menjadi pemenang dalam kegiatan tersebut.

Kepala SDN 1 Lalebbata, Zainuddin saat ditemui Koran Seruya, Selasa,6 April 2021 mengungkapkan rasa bangganya.

ADVERTISEMENT

“SD 1 Lalebbata sudah sering mengikuti lomba-lomba tingkat Nasional, cuma kelebihannya ini dalam situasi pandemi, siswa kami tetap mampu berprestasi,” tutur Zainuddin.

“Kami bangga luar biasa, atas capaian ini,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Menurut Zainuddin, pihak sekolah hanya membantu menempa bakat dan kemampuan Eka.

“Kami berterima kasih kepada orang tua siswa telah mempercayakan anaknya untuk belajar di SD 1 Lalebbata. Terima kasih juga kepada Pemerintah melalui Disdik Kota Palopo yang telah mensupport kami,” tuturnya.

“Kami di sekolah hanya mengasah kemampuan yang dimiliki oleh siswa, selebihnya tergantung kepada siswa, tentunya dengan pengawasan orang tua,” kata Zainuddin saat ditemui di pelataran sekolah.

Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar, merupakan siswi kelas enam SDN 1 Lalebbata, Putri pasangan dr. Basyar dan dr. Risna Rajab.

Didampingi Wali Kelasnya, Nurjanah dan Perwakilan Disdik Kota Palopo, Surianti, Eka akan terbang ke Jakarta Rabu, (7/4) esok, untuk mengikuti tahap validasi dan penulisan langsung di hadapan dewan juri.

Nurjannah Guru SDN 1 Lalebbata, yang merupakan wali kelas Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar (kanan), bersama perwakilan dari Disdik Kota Palopo (kiri). Nurjannah adalah guru pembimbing Eka. (Foto: Har/Koran Seruya)

Sementara itu, dikatakan salah satu guru SDN 1 Lalebbata, Abdul Aziz, bahwa Eka merupakan siswi dengan segudang prestasi.

Untuk diketahui Lomba Menulis Surat Remaja (MSR) merupakan kegiatan yang diselenggarakan Perhimpunan Pos Sedunia atau Universal Postal Union (UPU).

Dalam rangka berpartisipasi dalam kegiatan itu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kominfo juga menggelar Lomba tersebut.

Pemenang pertama berkesempatan diundang pada sidang tahunan UPU di Bern, Swiss.

Adapun 10 peserta yang masuk Nominasi Terbaik masing-masing:

1. Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar, SDN 1 Lalebbata, Palopo Sulawesi Selatan.
2. Alifiyah Sakinah, SMPN 179 Jakarta Timur.
3. Alicia Wibowo, Fokus Independen School, Surakarta, Jawa Tengah.
4. Hafizhah Naahira Putri, SMPIT Semarang.
5. Khifivatul Khastutut, SMPN 1 Palang, Tuban, Jawa Timur.
6. Khusnul Khatimah, MTsN 1 Jombang, Jawa Timur.
7. Leonardo Putra, SMP Indonesia Creative School, Pekanbaru, Riau.
8. Prisca Mesi Renata, SMPN 1 Kejobong, Jawa Tengah.
9. Sania Hanum, Pondok Pesantren Modern Baitussalam, Simulungun, Sumatera Utara.
10. Kania Ananda Putri, SMPN 222 Jakarta Timur.

(har)

ADVERTISEMENT