SD Telkom Makassar, Sekolahnya Siswa Berprestasi (Part 1)

85
Siswa SD Telkom Makassar, sekolah dengan siswa berprestasi di kota Makassar
ADVERTISEMENT

COVID-19 boleh saja memaksa kita untuk berdiam diri di rumah, namun ini tidak menyurutkan niat siswa-siswi SD Telkom Makassar untuk tetap ikut berkompetisi dan mengukir prestasi di tengah pandemi ini.

Berbagai perlombaan yang diikuti (secara offline maupun online) membuahkan hasil serta menjadi kebanggaan banyak elemen, baik untuk siswa-siswi itu sendiri, guru-guru, orangtua dan tentunya pihak sekolah.

“Prestasi belajar dan proses belajar adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena prestasi belajar pada hakikatnya adalah hasil akhir atau muara dari sebuah proses belajar”, seperti yang diungkapkan oleh Yulinda, salah satu guru SD Telkom Makassar sekaligus mentor mapel Bahasa Inggris. Berikut siswa-siswi SD Telkom Makassar yang mengukir prestasi di bidang akademik, terkhusus mapel MIPA, baik di tingkat kota, provinsi maupun nasional.

1. Alisya Nur Alifah Haryanto

Siswi buah hati dari Haryanto dan Seny Luhriyani ini merupakan ketua di kelasnya, 5 Telkom B. “Alisya sejak kelas 1 telah menunjukkan bakatnya dalam bidang akademik, dan hal ini terbukti dimana peringkat 1 tidak pernah terlepas dari genggaman Ananda”, urai Yulinda, yang akrab dipanggil Miss Linda ini. Alisya juga merupakan anggota Sains Club Matematika dan IPA serta English Club di SD Telkom Makassar. Beberapa prestasi Alisya dalam mapel MIPA di berbagai perlombaan adalah :

  1. Medali Perunggu IPA tingkat nasional event POSI Got Talent 2021

  2. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Olimpiade Matematika Nasional Foton Institute 2021

  3. Medali Perunggu IPA tingkat nasional event Kompetisi Sains Nasional (KSI) POSI 2021

2. Navila Gibrani

Event POSI Got Talent 2021 merupakan lomba IPA tingkat nasional pertama yang diikuti oleh siswi kelas 5 ini, dan hebatnya langsung meraih medali perunggu. Navila Gibrani sangat menggemari pelajaran IPA dan Bahasa Inggris. “Navila juga aktif dalam English Club yang dibentuk khusus oleh sekolah untuk mewadahi siswa yang cakap dalam mapel Bahasa Inggris”, jelas Miss Linda.

3. Fauzana Alifah Nhamara

Medali perunggu mapel IPA merupakan persembahan Fauzana Alifah Nhamara, atau yang akrab dipanggil Fasha, dalam event POSI Got Talent 2021 tingkat nasional. Siswi yang juga menjadi anggota tim SD Telkom Makassar yang meraih Juara I pada event English Battle Team tahun 2020 ini menjadikan raihan prestasinya sebagai pemicu motivasi untuk selalu semangat dalam mengikuti setiap lomba yang diamanahkan oleh sekolah kepadanya.

4. Syafiq Sheehan Sanjaya

Siswa yang dijuluki “The Rising Star” oleh para guru di sekolahnya ini benar-benar menanjak prestasinya sejak berada di bangku kelas 5. Syafiq aktif memberikan prestasi kepada sekolah setiap diberi amanah mengikuti suatu lomba. “Prestasi Syafiq di bidang MIPA sudah terdeteksi sejak tahun 2019, dimana Syafiq masuk ke dalam tim Sains Club Matematika dan IPA yang dibuat oleh sekolah”, tutur Miss Linda. Prestasi Syafiq dalam bidang MIPA diantaranya adalah :

  1. Medali Perak Matematika tingkat nasional event Olimpiade Matematika Nasional Foton Institute 2021

  2. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Kompetisi Sains Nasional (KSI) POSI 2021

  3. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Irada Science Mathematics 2021

5. Zahra Ilma Mufida

“Macan lomba” pantas disematkan kepada Zahra Ilma Mufida. Siswi berkacamata ini selalu meraih prestasi di setiap ajang yang diikutinya. “Persiapan dan support dari orang tua membuat Chaca (nama akrabnya) terus berkilau prestasinya selama masa pandemi ini”, lanjut Miss Linda. Beberapa prestasi yang telah ditorehkan siswa berkacamata ini di bidang MIPA dalam kurun setahun terakhir ini adalah :

  1. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event POSI Got Talent 2021

  2. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Olimpiade Matematika Nasional Foton Institute 2021

  3. Medali Perak Matematika tingkat nasional event Kompetisi Sains Nasional (KSI) POSI 2021

  4. Medali Perunggu tingkat nasional event Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) POSI 2021

  5. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional lomba Literasi Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM) 2021

  6. Medali Perak Matematika tingkat nasional event Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) POSI 2020

  7. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Science Olympiad in Nusantara (SONAR) POSI 2020

  8. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Kompetisi Sains Nasional Provinsi (KSN-P) POSI 2020

  9. Medali Perunggu Matematika tingkat nasional event Advanced Mathematics Olympiad (A.M.O) POSI 2020

SD Telkom Makassar, sekolah dengan akreditasi A ini, tidak pernah menargetkan hasil kepada siswa-siswi yang diikutkan ke setiap lomba.

Sharing antara guru dan para orangtua serta siswa sendiri menjadi pijakan pemicu prestasi siswa di saat pandemi ini. Longgarnya waktu di rumah dijadikan momentum para siswa mempunyai prestasi.

Buat orang tua siswa lainnya yang ingin anaknya ditempa sehingga dapat berprestasi di bidang MIPA dapat segera mendaftarkan putra-putrinya di SD Telkom Makassar dengan berkunjung langsung ke SD Telkom Makassar yang berlokasi di Kawasan Pendidikan Telkom Jl. AP. Pettarani No. 4 atau dapat juga mengakses ke link PPDB SD Telkom Makassar di linktr.ee/sd_telkommks15,” tutup Miss Linda.

(rls)

ADVERTISEMENT