SDN 1 Lalebbata Palopo Miliki Taman Toga, Tempat Menanam Tumbuhan Obat

76
SDN 1 Lalebbata Palopo memiliki Taman Toga dan Baruga Edukasi. (Foto :Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 1 Lalebbata Palopo memiliki Taman Toga dan Baruga Edukasi. Kepada Koran SeruYA, Kepala SDN 1 Lalebbata, Zainuddin melalui Tenaga Pengajar SDN 1 Lalebbata Palopo Abdul Aziz mengatakan Taman Toga, SDN 1 Lalebbata Palopo hasil dari memanfaatkan lahan yang ada.

“Jadi sambil memanfaatkan lahan kosong, Taman Toga SDN 1 Lalebbata sangat berguna bagi tersedianya berbagai macam obat-obatan tradisional. Kurang 30 lebih macam tanaman obat tersedia di Taman itu. Ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah termasuk orang tua siswa,” ungkap Abdul Aziz.

ADVERTISEMENT

Kegunaan obat dari Taman Toga ialah ketersediaan obat tradisional bagi siswa.

“Kalau warga sekolah membutuhkan peserdiaan obat tradisional bisa dimanfaatkan dan langsung ambil di taman toga ini. Taman Toga ini hasil dari kolaborasi dari para guru dan siswa, dimana mereka menanam, merawat dan mematik hasilnya,” jelasnya.

Sementara itu, Baruga Edukasi merupakan tempat literasi bagi anak-anak saat waktu istirahat. Tempat itu juga sering digunakan untuk bercengkarama antar guru dan siswa.

“Untuk memperkaya pengetahuan, di sela-sela masuk atau waktu istirahat anak-anak memanfaatkan Baruga Edukasi ini,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT