SDN 1 Lalebbata Palopo Persiapkan Diri Ikuti Lomba Sekolah Bersih dan Sehat

126
SDN 1 Lalebbata Palopo mempersiapkan diri mengikuti lomba sekolah bersih dan sehat. (Foto : Dok. SDN 1 Lalebbata Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 1 Lalebbata Palopo mempersiapkan diri mengikuti lomba sekolah bersih dan sehat. Guru, tenaga kependidikan dan siswa kerjasama mempersiapkan sekolah untuk mengikuti lomba sekolah bersih dan sehat yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Palopo.

Untuk itu, Para siswa dan guru melakukan kerja bakti setiap pagi di lingkungan sekolah. Dalam perlombaan tersebut ada beberapa kriteria penilaian. Diantaranya memiliki kebersihan dan keindahan area sekolah, kebersihan drainase dan gulma, penataan ruang terbuka hijau, presentasi ketersediaan ruang terbuka hijau, kebersihan ruangan kelas dan toilet, pemilahan sampah anorganik, dan kreasi 3 R.

ADVERTISEMENT

Selain itu, ada ketersediaan tempat pemilahan sampah dan kebersihannya, pengelolaan sampah organik secara berkelanjutan, bank sampah aktif, green house dan pemanfaatannya, kebersihan saluran air hujan, pengelolaan kantin sekolah bersih dan sehat, UKS, taman edukasi sekolah, area parkir sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala SDN 1 Lalebata Palopo, Zainuddin melalui Abdul Aziz tenaga pengajar SDN 1 Lalebata, saat ditemui di ruangannya, Rabu (15/6/2022). Dia mengatakan area yang menjadi fokus pembenahan di lingkungan sekolah adalah drainase, ruang terbuka hijau, taman edukasi, ruang kelas dan toilet sekolah.

ADVERTISEMENT

“Di samping itu kita juga membenahi sarana lain seperti : greenhouse, kebun sekolah, hydroponic, kolam serta tempat pengolahan sampah (komposting),” ujarnya.

“Harapan kami semoga kerja bakti bersama keluarga besar SDN 1 Lalebbata Palopo dapat menumbuhkan budaya gotong royong dan cinta kebersihan sehingga kita dapat menciptakan sekolah sebagai lingkungan belajar yang nyaman, aman, bersih dan sehat, sekaligus dapat ikut pada kegiatan lomba sekolah bersih dan sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT