SDN 30 Mattirowalie Palopo Gelar Bazar, Ajar Siswa Berwirausaha

80
Dalam rangka melatih siswa untuk berwirausaha, SDN 30 Mattirowalie Palopo menggelar Bazar untuk siswa kelas 4. Pembukaan bazar itu digelar beberapa waktu lalu. (Foto : Dok. SDN 30 Mattirowalie)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dalam rangka melatih siswa untuk berwirausaha, SDN 30 Mattirowalie Palopo menggelar Bazar untuk siswa kelas 4. Pembukaan bazar itu digelar beberapa waktu lalu.

Kegiatan itu berlangsung di halaman sekolah tersebut. Selain dihadiri Kepala SDN Mattirowalie Palopo, Mursalim, juga dihadiri para guru dan siswa.

Sementara itu, beberapa kelompok siswa memamerkan makanan hasil buatan mereka. Beberapa makanan berupa kue dan jenis makanan lainnya itu mereka buat di rumah masing-masing.

Mursalim, dalam sambutannya mengatakan bazar itu dilakukan untuk memantik jiwa kewirausahaan siswa. Selain itu dia menyebut siswa dilatih berwirausaha bukan berarti disuruh untuk menjual.

ADVERTISEMENT

“Adapun tema kegiatan ini yaitu kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, seperti yang kita lihat sekarang sudah dilakukan. Bukan berarti anak kita diajak untuk menjual, minimal jika siswa mempunyai orang tua yang menjual kue siswa tersebut bisa sadar bahwa seperti ini susahnya orang tua saya menjual kue,” ungkap Mursalim.

Meski begitu Mursalim juga mengatakan apabila ada siswa yang terlanjur tergiur dengan dunia wirausaha karena untung banyak lalu memilih putus sekolah itu pemikiran yang salah.

“Jadi para guru jika membuat kegiatan seperti ini tolong dijelaskan kepada siswa terkait makna dari kegiatan yang kita lakukan karena pembelajaran yang paling berharga adalah pembelajaran yang paling bermakna,” tuturnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT