SDN 30 Mattirowalie Terapkan Pembelajaran di Alam Terbuka

217
Siswa SDN 30 Mattirowalie menerapkan pembelajaran di alam terbuka. (Foto. Haswan Hasanuddin)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sekolah Dasar Negeri (SDN) 30 Mattirowaile, Kota Palopo, menerapkan metode pembelajaran di alam terbuka. Proses pembelajaran di ruang terbuka itu mereka laksanakan di halaman sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SDN 30 Mattrowalie Palopo, Mursalim, mengatakan metode yang mereka terapkan itu merupakan penjabaran dari peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 63 Tahun 2014, tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

ADVERTISEMENT

“Pembelajaran harus menarik dan menyenangkan, belajar sambil melakukan, kegiatan kelompok, pemberian penghargaan, serta pengawasan yang dilakukan oleh orang dewasa dalam hal ini guru,” katanya, Senin (31/1/2022).

Mursalim, juga mengatakan bahwa sebelumnya guru harus mencari kompetensi Dasar (KD) atau mata pelajaran apa yang cocok diajarkan kepada siswa di alam terbuka. Seperti mata pelajaran matematika, dan IPA, dengan begitu selain mempelajaari teori siswa juga bisa langsung mempraktekannya.

ADVERTISEMENT

“Misalnya mata pelajaran matematika, ketika dilakukan di luar ruangan siswa bisa langsung melakukan pengukuran luas lapangan maupun ruang kelas, selain itu tentang fotosintetis tentang bagaimana tumbuhan memproduksi makanannya,” ungkapnya.

Selain itu, Mursalin juga mengaku para siswanya sangat bersemangat dan lebih cepat memahami pelajaran yang mereka terima. “Jadi pembelajaaran di alam terbuka adalah pembelajaran yang memberikan kemerdekaan kepada peserta didik untuk lebih berkreasi,” tandasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT