Sebelum Dikibarkan Pada 17 Agustus, Bendera Merah Putih di Luwu Timur Dibentangkan Dibawah Laut Pada Kedalaman 15 Meter Selama Semalam

1545
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM – Sesuatu hal yang jarang ditemui saat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dimana di Kabupaten Luwu Timur bendera Merah Putih sebelum dikibarkan akan dibentangkan dibawah laut.

Jelang Upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021, bendera yang akan dikibarkan oleh Paskibraka di Andi Nyiwi Park Kota Malili akan dibentangkan selama satu malam di bawah laut pada kedalaman 15 Meter di Tanjung Parasulu, Desa Harapan, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Dalam proses pembentangan bendera Merah Putih itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan bendera merah putih tersebut kepada Satuan Polisi Pamong Praja, selanjutnya bendera dibawa dan diserahkan lagi kepada personil gabungan yang terdiri dari Angkatan Laut dan Personil Koramil – 15 / Malili serta POSSI Luwu Timur dan Mori Diving Club, selanjutnya bendera tersebut diarak menuju Tanjung Parasulu menggunakan mobil Jeep.

Usai prosesi penyerahan bendera, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan bahwa, hari ini Kabupaten Luwu Timur mengawali rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 76. Rangkaian pertama di awali dengan penjemputan Bendera Merah Putih menuju Tanjung Parasulu oleh gabungan personil Angkatan Laut dan Personil Koramil – 15 / Malili serta POSSI Luwu Timur dan Mori Diving Club untuk dibentangkan di bawah laut.

ADVERTISEMENT

“Hari ini, bendera yang akan dikibarkan pada puncak perayaan HUT RI sudah diarak menuju Tanjung Parasulu untuk dibentangkan satu malam di kedalaman 15 Meter, kemudian keesokan harinya, Senin (16/08/21), oleh Personil Angkatan Laut, Bendera tersebut akan dibawa kembali ke Rumah Jabatan Bupati melalui jalur Sungai Malili. selanjutnya bendera disemayamkan satu malam di Rumah Jabatan Bupati sebelum dikibarkan pada 17 Agustus 2021,” terang H. Budiman, Minggu (15/8/2021).

Menurutnya, Pembentangan bendera merah putih dibawah laut ini sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 ditengah Pandemi Covid 19.

(Rah)

ADVERTISEMENT