Sederet Tokoh Besar Lahir Tepat 9 Maret, Tanggal yang Sama Dengan Hari Jadi FKJ, Siapa Saja?

1328
Farid Kasim Judas
ADVERTISEMENT

PALOPO–Tepat 9 Maret 2020, Farid Kasim Judas (FKJ) tokoh muda di kota Palopo itu genap berusia 37 tahun. Perayaan hari jadi FKJ digelar sederhana di kediamannya di Jalan Mungkasa, Wara Timur Palopo, Senin petang tadi (9/3).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Deretan tokoh besar ternyata banyak yang lahir pada 9 Maret, yang kata orang, mereka yang lahir di tanggal ini memiliki DNA untuk menjadi orang hebat. Wuih! Nah, siapa sajakah?

1. Wage Rudolf Soepratman

Siapa yang tidak kenal nama ini? Bahkan, sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar, kita sudah mengenal nama ini. Wage Rudolf Soepratman atau yang biasa dikenal dengan WR Soepratman. Dia adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia: “Indonesia Raya”.

ADVERTISEMENT

Pada 2003 lalu, sebagai bentuk penghargaan terhadap WR Soepratman, Presiden Megawati Soekarnoputri mencanangkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional Indonesia. Meski, dikutip dari laman Wikipedia, hari kelahiran Soepratman, ternyata masih diperdebatkan. Ada pendapat yang menyatakan Soepratman dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dan bukan pada 9 Maret.

Terlepas dari perdebatan itu, dedikasi WR Soepratman untuk memberikan karya terbaik untuk negeri ini, layak diteladani oleh siapapun. Soepratman yang meninggal di usia muda (35 tahun) pada 17 Agustus 1938, diberi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia dan Bintang Maha Putera Utama kelas III pada tahun 1971

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

2. Bob Sadino
Mungkin tidak banyak yang kenal nama Bambang Mustari Sadino. Namun, bila nama itu ditulis menjadi Bob Sadino, akan ada banyak orang yang mengenalnya. Ya, Bob Sadino yang lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung) pada 9 Maret 1933 silam, adalah seorang pengusaha sukses.

Pengusaha yang semasa hidup mengembangkan bisnis di bidang pangan dan peternakan ini bahkan tidak hanya sukses untuk dirinya sendiri. Om Bob juga mampu memotivasi banyak orang untuk memulai berwirausaha. Ada banyak kutipan inspiratif dari Bob Sadino di bidang wirausaha yang hingga kini abadi, meski pengusaha yang dulu sering berpenampilan santai ini sudah berpulang pada 19 Januari 2015 silam di usia 81 tahun.

3. Yuri Gagarin
Semasa SD dulu, nama ini begitu terkenal ketika pelajaran IPA. Yuri Alekseyevich Gagarin yang lahir di Klushino, Uni Soviet pada 9 Maret 1934 merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Misi ke luar angkasa itu terjadi pada tanggal 12 April 1961. Ia kemudian menerima banyak penghargaan dan medali kehormatan. Termasuk medali “Hero of the Soviet Union”.

Dan, bukan tanpa sebab bila nama Yuri Gagarin populer di Indonesia. Dia pernah dianugerahi berbagai penghargaan dan medali dari dunia International selain dari Rusia. Di antaranya, sebagai penghargaan dari rakyat Indonesia. Pada tahun 1961, ketika Presiden Soekarno mengunjungi Soviet, ia dianugerahi Medali Mahaputra.

4. Rexy Mainaky
Penggemar bulutangkis pasti tidak asing dengan nama ini. Ya, Rexy Ronald Mainaky adalah salah satu mantan pebulutangkis top Indonesia. Namanya melegenda bersama pasangannya Ricky Subagja. Pebulutangkis kelahiran Ternate, Maluku Utara pada 9 Maret 1968 ini pernah mengharumkan Indonesia kala meraih medali emas bulutangkis nomor ganda putra Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta, Amerika Serikat.

Selain empat orang hebat tersebut, nama-nama terkenal lainnya yang juga lahir di tanggal 9 Maret ada pesepak bola Belanda yang kini bermain di Manchester United, Daley Blind. Juga pebulutangkis Indonesia yang kini tampil di nomor ganda putra All England, Marcus Fernaldi Gideon yang berpasangan dengan Kevin Sanjaya.

Peristiwa Penting di Tanggal 9 Maret

Selain itu, beberapa peristiwa besar juga terjadi pada 9 Maret. Diantaranya:

  • 1230 – Tsar Ivan Asen II dari Bulgaria mengalahkan Theodore dari Epirus dalam pertempuran Klokotnitsa.
  • 1908 – Football Club Internazionale Milano (Inter Milan) resmi berdiri.
  • 1959 – Boneka terlaris di dunia, Barbie, dijual pertama kali dalam Pameran Mainan Internasional di New York City.
  • 1961 – Sputnik 9 berhasil diluncurkan, membawa boneka manusia yang dijuluki Ivan Ivanovich, menunjukkan bahwa Uni Soviet siap untuk memulai misi luar angkasa berawak.
  • 1978 – Peresmian Jalan Tol Jagorawi, jalan tol pertama di Indonesia oleh Presiden Soeharto.
  • 2003 – Pencanangan Hari Musik Nasional Indonesia oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, berdasarkan hari kelahiran komposer Wage Rudolf Soepratman

(iys)

ADVERTISEMENT