Sejak 2015, Palopo Sebenarnya Sudah 6 Kali Raih WTP Berturut-Turut

66
Walikota Palopo HM Judas Amir minta semua pihak jangan lengah dan harus disiplin menjaga Palopo dari ancaman wabah Coronavirus Diseases, Jumat (10/4). (Foto: Humas)
ADVERTISEMENT

PEMERINTAH Kota Palopo, Sulsel, dibawah pemerintahan Walikota Palopo, HM Judas Amir, sebenarnya sudah enam kali berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) hasil audit BPK RI. Kali pertama Kota Palopo meraih WTP tahun 2015, kemudian beruntun hingga tahun anggaran 2020.

WTP keenam diraih Kota Palopo dari BPK Perwakilan Sulsel pada 7 Mei 2021 lalu. Saat itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Ketua DPRD kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kep, M.Kes melakukan penandatanganan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Kota Palopo Tahun Anggaran 2020 oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Penyerahan tersebut dilakukan secara virtual di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Jumat, 7 Mei 2021 lalu.

ADVERTISEMENT

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulsel, Wahyu Priyono dalam sambutan ketika itu, menyampaikan bahwa untuk Kota Palopo opini laporan keuangan yang diberikan oleh pemeriksa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 6 kali, terhitung sejak Tahun Anggaran 2015 sampai dengan 2020.

Diketahui, Pemkot Palopo meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Selasa (14/9/2021) karena dinilai lima kali beruntun meraih opini WTP dari hasil audit BPK, sejak tahun anggaran 2016 sampai 2020.

ADVERTISEMENT

Raihan WTP 5 kali berturut-turut diraih Pemkot Palopo– padahal sudah 6 kali berturut-turut– diumumkan dalam rapat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 yang digelar secara daring, Selasa (14/9/2021).

Daring tersebut diikuti Walikota palopo, HM Judas Amir, bersama Sekretaris Daerah, Firmanza, Inspektur Kota Palopo, Asir Mangopo, Kepala DPKAD Palopo, Irfan Dahri, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah di rumah jabatan SaokotaE.

ADVERTISEMENT

Dalam Rakernas Daring tersebut, Kota Palopo diumumkan masuk dalam 52 kota yang kelima kalinya berturut-turut meraih opini WTP dari BPK, mulai tahun anggaran
2016 hingga 2020.

Walikota Palopo, HM Judas Amir usai mengikuti Rakernas tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pengelola keuangan di Pemkot Palopo, sehingga Kota Palopo meraih penghargaan dari Kemenkeu.

“Sebenarnya kita (Palopo) sudah 6 kali berturut-turut raih WTP. Alhamdulillah, ini menunjukan pengelolaan keuangan Pemkot Palopo secara akuntabel dan transparan. Tentu ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan kinerja ke depan lebih baik lagi,” ujar Judas Amir.

Kedepan Judas Amir berharap, Pemkot Palopo bisa meraih penghargaan WTP lagi, bahkan bisa ditingkatkan lagi. Namun kata dia, dibutuhkan kerja keras dan kebersamaan semua instansi.

Kepada jajarannya, Judas Amir meminta catatan bagus terkait WTP tersebut, tidak dinodai dengan persoalan penyimpangan dalam penggunaan anggaran, sebagaimana yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutannya saat membuka Rakernas. (***)

ADVERTISEMENT