Sejumlah Jabatan Setingkat Kepala Dinas Lowong, Walikota Palopo Segera Tunjuk Plt

1174

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam waktu dekat ini akan menunjuk pejabat untuk mengisi kekosongan sejumlah jabatan yang lowong.

Diketahui, pada mutasi perdana yang dilakukan walikota bersama wakilnya untuk periode ini Rabu (10/7/2019) lalu, ada beberapa jabatan strategis yang masih lowong. Ada yang lowong karena pergeseran jabatan, juga karena telah memasuki masa pensiun.

Sejumlah jabatan setingkat eselon II yang lowong itu diantaranya Kepala DPMPTSP yang sebelumnya dijabat Farid Kasim Judas (FKJ). FKJ pada Rabu lalu dimutasi sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Kemudian ada jabatan Kadis Perikanan dan Kelautan juga lowong. Ilham Hamid yang sebelumnya menduduki jabatan tersebut, kini digeser menjabat Kepala Dinas Pariwisata.

Jabatan lainnya yang lowong, ialah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda). Kepala Balitbangda sebelumnya, Ilham Tahier kini digeser sebagai kepala Dinas Transmigrasi Palopo.

Selanjutnya, jabatan Kadis Kesehatan juga lowong. Jabatan ini lowong pasca dr Ishaq digeser sebagai asisten administrasi umum.

Jabatan lainnya yang lowong ialah Kadisdukcapil. Asir yang sebelumnya di posisi itu kini diplot mengisi Inspektur Inspektorat menggantikan Samil Ilyas.

Kemudian jabatan Kadis Pertanian dan Peternakan yang ditinggal Harisman ke jabatan staf Ahli walikota. Jabatan strategis lainnya yang lowong ialah Kadis PUPR. Anthonius Dengen yang pernah mengisi jabatan itu kini digeser sebagai Kepala BPBD menggantikan Hasan.

Walikota Palopo, HM Judas Amir melalui Kepala BKPSDM, Farid Kasim Judas mengatakan akan segera mengisi kekosongan itu.

“Sekitar seminggu ke depan, walikota akan menunjuk pelaksana tugas (plt) untuk mengisi sejumlah jabatan yang lowong,” katanya. Penetapan pejabat kata FKJ Berdasarkan ujian kesesuaian dan PP No 11 Tahun 2017.

Ditambahkan FKJ, pergeseran jabatan ke jabatan yang lain merupakan pemantapan job atau jabatan agar ASN punya pengalaman dan sejumlah perangkat daerah sehingga nantinya akan masuk kategori bersyarat untuk dilakukan promosi lanjutan.

“Terkait jabatan pimpinan pratama yang saat ini masih kosong karena bergeser dan pensiun akan diambil alih walikota untuk penetapan PLT,” sebut FKJ lagi.  (asm/adn)

Jabatan Eselon II yang Lowong

1. Kepala DPMPTSP
2. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan
3. Kepala Balitbangda
4. Kadis Kesehatan
5. Kadisdukcapil
6. Kadis Pertanian dan Peternakan
7. Kadis PUPR
8. Kadis Tata Ruang dan Pemukiman
9. Kepala Badan Ketahanan Pangan
10. Kepala Dinas Sosial