Sekda Palopo Tutup Latsar CPNS 2021, Firmanza : Jadilah Aparatur yang Amanh

115
Sekda Palopo, Firmaza menutup Latsar CPNS 2021. (foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – BKPSDM dan Diklat Daerah Kota Palopo menggelar penutupan pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kegiatan itu bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sulawesi Selatan di Ruang Pertemuan Ratona, Kamis (11/11/2021).

Ketua panitia, Abdul Rahman mengatakan penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah nomor II 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil. Khususnya Pendidikan Dan Pelatihan bertujuan uUntuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan dan kepribadian serta etika Pegawai Negeri Sipil (PNS).

ADVERTISEMENT

Peserta Pelatihan Dasar CPNS adalah CPNS Lingkup Pemerintah Kota Palopo Angkatan 34, 43, 49 dan 60 Berjumlah 132 Orang terdiri dari 39 Orang Laki-laki dan 93 orang Perempuan yang berasal dari OPD dalam Lingkup Pemerintah Kota Palopo.

“Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan sebanyak 4 angkatan dari tanggal 29 Juni hingga 11 November 2021. Dengan waktu penyelenggaraan masing-masing selama 51 hari kerja atau 511 jam pelajaran. Pelajaran itu terdiri dari pembelajaran klasikal selama 21 hari atau 191 jam pelajaran, dan pembelajaran non klasikal selama 30 hari atau 320 jam pelajaran,” katanya.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, Sambutan Walikota yang diwakili Sekda Palopo Firmanza mengatakan aparatur sipil negara merupakan suatu unsur sumber daya manusia dalam dimensi Birokrasi Pemerintah yang memiliki peran dalam menentukan tingkat keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah.

“Tujuan utama dalam Penyelenggaraan Latsar adalah membentuk PNS yang profesional, berkarakter, dijiwai semangat bela negara dan nilai-nilai dasar PNS. Serta menguasai bidang tugasnya, sehingga kelak mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat,” ungkap Firmanzah.

“Disiplin, adalah Kunci melakukan kerja di bidang apapun, sehingga nantinya kita mampu menghormati dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab,” sambungnya.

Ada beberapa point penting yang sampaikan Firmanzah. Poin-poin itu ialah harus menerapkan berbagai ilmu yang telah diterima selama mengikuti diklatsar CPNS. Melaksanakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab di lingkungan kerja masing-masing.

“Jadilah Aparatur yang amanah Aparatur yang memberikan pengabdian baik kepada masyarakat, serta selalu tingkatkan kemampuan dan kapasitas dengan berbagai bekal dan kemampuan,” pesannya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT