Selamat! Bupati Lutra Raih Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022

79
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto : Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Bupati Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Hj Indah Putri Indriani, berhasil meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 kategori Literasi Bencana versi Tempo Media Grup, Kamis (22/9/2022) lalu, di Hotel Westin, Jakarta.

Tak hanya Indah, 12 Kepala Daerah Perempuan lainnya juga menerima penghargaan yang sama pada kategori berbeda. Salah duanya adalah Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), dan Anne Ratna Mustika (Bupati Purwakarta, Jawa Barat).

ADVERTISEMENT

Dalam penganugerahan bertajuk “Apresiasi Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022” yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini, Indah tak hadir. Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini diwakili oleh Kabag Hukum, Suryadi.

Dikutip dari tempo.co, penghargaan ini diberikan sebagai ajang apresiasi bagi kepala daerah yang dianggap berprestasi. Masih dikutip tempo.co, Mendagri Tito Karnavian berharap pengharaan ini bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah yang lain.

ADVERTISEMENT

“Bukan hanya yang perempuan, tetapi juga kepala daerah yang laki-laki,” ujar Tito. Pemberian penghargaan ini untuk memperingati HUT ke-77 RI. Diketahui, para penerima penghargaan dipilih dari sekitar 50 perempuan kepala daerah yang masih menjabat.

Dalam proses penilaian dan seleksi, Tempo Media Grup melibatkan sejumlah lembaga, di antaranya adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Bappenas, Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), serta CISDI.

Terpisah, Bupati Indah Putri Indriani menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Tempo Media Grup. “Terima kasih kepada Tempo atas apresiasi sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 kategori Literasi Bencana,” ujar Indah.

Penghargaan yang diterimanya ia persembahkan buat masyarakat Luwu Utara. “Sungguh ini adalah bonus. Kami lakukan tanpa pernah memikirkan akan diberi apresiasi, tetapi literasi bencana ini memang menjadi kebutuhan daerah seperti Luwu Utara,” katanya.

“Mohon maaf karena terkendala untuk hadir langsung menerima apresiasi ini. Salam hormat untuk Manajemen Tempo dan seluruh jajaran. Semoga senantiasa menjadi pelopor penyaji informasi berkualitas melalui jurnalisme investigasi,” harap ibu dua anak ini.

Berikut 13 Kepala Daerah Perempuan yang menerima penghargaan:
1. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) Kategori Inovasi Percepatan Layanan Publik;
2. Tjhai Chui Mie, Wali Kota Singkawang (Kalimantan Barat) Kategori Inovasi Kota Toleransi;
3. Umi Azizah, Bupati Tegal (Jawa Tengah), Kategori Ekosistem Wirausaha;
4. Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta (Jawa Barat), Kategori Pelayanan Warga;
5. Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto (Jawa Timur), Kategori Inovasi Satu Data;
6. Winarti, Bupati Tulang Bawang (Lampung), Kategori Mal Pelayanan Publik;
7. Ratna Machmud, Bupati Musi Rawas (Sumsel), Kategori Pemberdayaan Masyarakat;
8. Indah Putri Indriyani, Bupati Luwu Utara (Sulwesi Selatan), Kategori Literasi Bencana;
9. Kasmarni, Bupati Bengkalis (Riau), Kategori Aksesibilitas Informasi;
10. Safitri Malik S, Bupati Buru Selatan (Maluku), Kategori Inovasi Aksesibilitas Kesehatan;
11. Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang (Banten), Kategori Innovasi Peningkatan SDM;
12. Rahma, Wali Kota Tanjung Pinang (Kepri), Kategori Pemanfaatan Sistem Seleksi CPNS; dan
13. Eva Dwiana, Wali Kota Bandar Lampung (Lampung), Kategori Revitalisasi Sungai. (LH/hms)

ADVERTISEMENT