Selamat !! Di Luwu Raya, Palopo dan Luwu Timur Raih Piala Adipura 2023

69
Piala Adipura
ADVERTISEMENT

PALOPO–Dua daerah di Luwu Raya berhasil merebut Piala Adipura 2023. Tak hanya merebut lambang supremasi tertinggi bidang lingkungan hidup itu, dua daerah ini juga sukses mempertahankannya. Kedua daerah itu adalah Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman bersama Pj Walikota Palopo, Asrul Sani akan menerima Piala Adipura 2023 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup RI, Selasa 5 Maret 2024.

ADVERTISEMENT

Diketahui, program Adipura merupakan salah satu instrumen Pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persampahan dan implementasi kebijakan penghijauan dengan sasaran pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku, terpasangnya sistem pengelolaan sampah dan pemenuhan ruang terbuka hijau.

Keberhasilan Luwu Timur meraih Adipura tidak terlepas dari sosok Bupati Luwu Timur, H. Budiman seorang pemimpin bertangan dingin yang berhasil membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) tanpa menggunakan APBD, yakni dengan mengajak dunia usaha untuk membangun Bundaran Batara Guru (PT. Vale), membangun Sport Center (PT. CLM), dan menata Lapangan Soekarno Hatta (Bank Sulselbar).

ADVERTISEMENT

Kepala BLH Kota Palopo, Emil Anugrah, membenarkan jika Kota Palopo kembali merebut Piala Adipura 2023. “Alhamdulillah, Palopo merebut Piala Adipura 2023. Ini piala yang ke-9 untuk Palopo,” katanya. (***)

 

ADVERTISEMENT