Selamat !! Kota Palopo Bersama Tiga Daerah di Luwu Raya Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat 2023

56
Pj Walikota Palopo, Asrul Sani menerima penghargaan kota sehat kategori swasti saba padapa tahun 2023
ADVERTISEMENT

PALOPO–Empat kabupaten/kota di wilayah Luwu Raya meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk kabupaten/kota sehat tahun 2023. Keempat daerah itu yakni Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Kabupaten Luwu Timur misalnya, meraih dua penghargaan sekaligus, yakni penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Swasti Saba kategori Wiwerda dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori madya.

ADVERTISEMENT

Dua Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Lutim, H. Budiman, didampingi Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Luwu Timur, Hj. Sufriaty, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11/2023) malam.

Kabupaten Luwu Utara juga meraih penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda, pada Malam Penganugerahan Tanda Penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2023 di Jakarta.

Kabupaten Luwu juga meraih penghargaan kabupaten sehat. Bupati Luwu DR H. Basmin Mattayang hadir menerima penghargaan, yakni Swasti Saba Wistara. Nah, Kota Palopo juga meraih penghargaan yang sama, yakni Swasti Saba Padapa.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, usai meraih penghargaan, mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini dan menegaskan komitmen pemerintah kabupaten untuk menjadikan Luwu Utara sebagai kabupaten yang sehat dan layak huni.

“Alhamdulillah walaupun ada koreksi setelah tiga tahun berturut-turut Luwu Utara menerima penghargaan KKS kategori Wistara. Sebab, 2021 pasca banjir Luwu Utara tidak diikutkan dan pada 2023 ini hasil maksimal di kategori Wiwerda. Ke depan mudah-mudahan targetnya kembali ke Wistara,” kata Indah.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat. “Tentunya ini semua berkat sinergi dan dedikasi kita semua, baik pemerintah daerah maupun seluruh elemen terkait hingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Luwu Timur di tingkat Nasional dan menjadi motivasi pemerintah daerah untuk lebih baik ke depannya,” terang Budiman.

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah Luwu Timur memberikan dukungan penuh terhadap program Kabupaten/Kota Sehat karena sejalan dengan visi misi daerah yang terus mendorong pembangunan kualitas kesehatan yang lebih baik dan dan meningkatnya derajat kesehatan seluruh masyarakat. (***)

ADVERTISEMENT