Selasa Besok, BKN Umumkan Pendaftaran CPNS/PPPK 2021

62
Persiapan di Gedung Kesenian Palopo sebagai tempat tes pelamar CPNS 2018
Gedung Kesenian Palopo sebagai tempat tes pelamar CPNS 2018
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Setelah sempat tertunda pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 per 31 Mei 2021 lalu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar konferensi pers pada Selasa, 29 Juni 2021, untuk memberi penjelasan terkait pendaftaran tersebut.

“Tunggu hari Selasa,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada wartawan di Jakarta, Minggu (27/6/2021).

ADVERTISEMENT

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono mengatakan, BKN akan menggelar konferensi pers untuk memberi penjelasan terkait pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 pada 29 Juni. Rencananya, konferensi pers digelar pada pukul 14.00 WIB.

“Tanggal 29 siang jam 14.00 kita akan konferensi pers terkait hal ini. Silahkan menyimak,” katanya.

ADVERTISEMENT

Meski demikian, pihaknya tak memberikan penjelasan lebih lanjut apakah berarti pendaftaran dibuka saat itu juga atau hanya memberi pengumuman terkait waktu pelaksanaan CPNS dan PPPK 2021.

“Tunggu saja konferensi pers kami,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 mulanya ditargetkan 31 Mei 2021. Namun, rencana itu kemudian mundur.

Menukil detik.com, Bima Haria pun memberikan alasan mundurnya rencana tersebut dalam Surat Edaran Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021. Surat ini memuat informasi mengenai pengadaan CPNS dan PPK non guru tahun 2021. Surat ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pusat dan daerah mengenai pengadaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 dan diunggah pada akun Instagram resmi BKN.

Dalam surat yang ditandatangani Bima Haria disebutkan, masih ada beberapa aturan pengadaan CPNS dan PPPK di tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah. Di sisi lain masih ada usulan revisi penetapan kebutuhan formasi dari beberapa instansi.

Maka dari itu jadwal pelaksanaan seleksi, termasuk kapan pendaftaran dibuka akan diinformasikan lebih lanjut.

“Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non guru, dan PPPK guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah, serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut,” bunyi kutipan surat yang dikutip detikcom dari akun Instagram @bkngoiofficial. (***)

ADVERTISEMENT