Seleksi Administrasi, BKPSDM Palopo Terima 1.740 Berkas Pendaftar CPNS, Cuma Segini yang Memenuhi Syarat

253
ILUSTRASI SELEKSI CPNS
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Palopo telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tanggal 3 Agustus lalu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Selanjutnya, merujuk pada tahapan dan jadwal tersebut, BKPSDM Palopo kini telah memasuki masa sanggah.

ADVERTISEMENT

“Kami pada hari ini (Kamis 5/8 kemarin, red), masih berada di tahapan masa sanggah. Masa sanggah ini akan berakhir pada Jumat 6 Agustus 2021 (hari ini, red),” ujar Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas yang disampaikan melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Palopo, Hamka, saat dihubungi Koran Seruya, Kamis 5 Agustus 2021.

Ia juga mengatakan, “Pada tahapan seleksi administrasi CPNS yang hasil-hasilnya telah kami umumkan pada 2-3 Agustus lalu, ada sebanyak 1.740 sedangkan yang memenuhi syarat (MS) 1.560 dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) 180,” rincinya.

ADVERTISEMENT

Hamka juga merinci dari 180 berkas administrasi Pendaftar yang masuk kategori TMS tersebut, jika dipilah-pilah lagi disebabkan oleh pendaftar tidak mengirimkan berkas fisik sebanyak 161, padahal di pengumuman telah disampaikan harus mengirimkan berkas secara fisik.

“Yang tidak mengirimkan berkas secara fisik 161, sementara ada 8 orang yang Surat Tanda Registrasi (STR) yang sudah mati, serta ada 3 orang yang jurusannya tidak sesuai dengan formasi yang dia lamar. Dan 8 orang yang akreditasi ijazahnya salah akreditasi,” paparnya.

ADVERTISEMENT

“Untuk tahapan selanjutnya, setelah masa sanggah 4-6 Agustus adalah masa “jawab sanggah” 4-13 Agustus 2021 serta pengumuman pasca sanggah pada 15 Agustus mendatang,” pungkas Hamka.

Diketahui, Seleksi CPNS 2021 Pemkot Palopo termuat pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Mengacu pada aturan tersebut, bahwa tahapan seleksi calon PNS Pemkot Palopo 2021 terdiri dari tiga tahap, yaitu Seleksi Administrasi CPNS Pemkot Palopo 2021, Seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Untuk Kota Palopo, ada dua profesi dalam seleksi CPNS 2021 kali ini, yakni tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Jumlah kuotanya adalah 290 kursi yang tersedia untuk tenaga pendidik, 49 kursi untuk tenaga kesehatan, serta 15 kursi untuk tenaga teknis.
(*)   

ADVERTISEMENT