Seleksi Timnas U-16 Tahap Kedua Akhirnya Rampung, dari 74 Peserta akan Dipilih 34 Terbaik

139
Pesepakbola Junior asal Mappedeceng Luwu Utara, Muh Arham Darmawan (sepatu merah) saat mengikuti seleksi Timnas U-16 di Jakarta 11-16 Juni 2021. [Foto: Dok. PSSI]
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Sesi kedua seleksi Timnas Indonesia U-16 tahap kedua telah rampung digelar.

Berlangsung di Lapangan D, Senayan, Jakarta pada Rabu (16/6) pagi, sebanyak 40 pemain dihadapkan dengan latihan intensitas tinggi di hari terakhir.

ADVERTISEMENT

“Tim pelatih selalu mempersiapkan program latihan yang terstruktur, setelah kemarin intensitas latihan diturunkan dengan banyak melakukan latihan ringan serta permainan, di hari terakhir seleksi ditutup dengan internal game sebagai indikator penilaian terakhir,” kata pelatih Timnas U-16, Bima Sakti melansir laman resmi PSSI.

Sama seperti sesi pertama, pada hari terakhir seleksi di sesi kedua ini para pemain mengawali latihan dengan small side game atau rondo, dimana pemain dibagi menjadi tiga kelompok besar, diikuti latihan koordinasi dan respon, serta ditutup dalam laga internal game.

ADVERTISEMENT

Pelatih Bima Sakti mengaku puas dengan jalannya seleksi tahap kedua yang digelar selama 10 hari ini.

“Alhamdulillah kami bersyukur,  saya berterimakasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) karena kami bisa melaksanakan seleksi tahap kedua di bulan Juni ini.

ADVERTISEMENT

Semua pemain baik di sesi pertama dan sesi kedua sudah mengikuti seleksi serta menjalankan instruksi pelatih selama berlangsungnya latihan. Tidak ada gap antar pemain di kedua sesi, mereka masing-masing menampilkan peforma terbaik. Dan terus terang kami tim pelatih sulit untuk memilih mereka karena kemampuan mereka merata, meskipun kami sudah mendapatkan kerangkanya,” kata Bima.

Sebanyak 40 pemain telah menyelesaikan proses seleksi selama rentang waktu lima hari sejak Sabtu (12/6) lalu. Dengan berakhirnya sesi kedua ini, maka secara total sebanyak 74 pemain sudah didatangkan dan merampungkan seleksi terpusat yang ada di Jakarta.

Selanjutnya pelatih Bima Sakti akan menyaring kembali para pemain yang sudah mengikuti seleksi tahap akhir ini, sebelum melakukan pemusatan latihan di bulan Juli.

“Proses seleksi ini sangat panjang dan berbeda dengan seleksi sebelumnya. Yang pasti, arahan Ketua Umum untuk memilih pemain terbaik harus dijaga, protokol kesehatan selalu diterapkan dengan ketat, dan yang terpenting mereka menjaga kondisi sampai pemusatan latihan (TC) selanjutnya. Saya akan memanggil 34 pemain di TC selanjutnya, dan sebelum TC dimulai rencananya akan digelar latihan secara virtual bagi mereka yang terpilih nanti,” tutup Bima.

(*)

ADVERTISEMENT