Semarak 1 Muharram, Ratusan Siswa SDIT Insan Madani Palopo Pawai Tahun Baru Islam

302
Ratusan siswa sekolah dasar islam terpadu (SD IT) Insan Madani Palopo menggelar pawai dalam tahun baru islam 1 Muharram 1444 Hijiriah, Sabtu (30/07/2022). (ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ratusan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Madani Palopo menggelar pawai dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Kegiatan ini dilakasanakan, Sabtu (30/07/2022).

SDIT Insan Madani merupakan salah satu sekolah dasar yang berbasis Islam yang berada di kota palapo, beralamatkan jalan Islamic Centre 1 KM 4 Binturu, Takkalala, Wara Selatan Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Dengan mengambil titik kumpul peserta di pelataran Masjid Agung dan finis di halaman kantor Wali Kota Palopo. Pawai dalam menyambut tahun baru Islam ini sendiri dimulai pada pukul 06:30 Wita.

Adapun tema dalam kegiatan pawai kali ini ialah Dengan semangat 1 Muharram 144 Hijriyah, mengeratkan ukhuwah islamiyah menuju generasi cerdas, islami dan mandiri.

ADVERTISEMENT

Menurut salah seorang guru SDIT Insan Madani Palopo, Ikram Piddin, dari kegiatan ini diharapakan bisa menjadi momentum muhasabah atau korkesi diri bagi siswa, guru dan masyarakat Kota Palopo khususnya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Sebelum menggelar pawai, para siswa SDIT Insan Madani terlebih dahulu menggelar Sholat Dhuha bersama di Masjid Agung didampingi para Ustad dan Ustazah serta orang tua wali siswa.

Rute dari pawai tahun baru islam 1 Muharram 1444 Hijiriah yang digelar SDIT Insan Madani dimulai dari Masjid Agung sebagai titik kumpul, kemudian menuju Lapangan Gaspa, Jalan Manennungan yang kemudian berlajut ke jalan Ahmad Dahlan, Andi Djemma dan finis di halaman Kantor Wali Kota Palopo.

Tak hanya pawai, dalam kegitan ini juga terdapat beberapa penampilan yang dilakukan oleh para siswa diantaranya tahfizh atau penghafal ayat-ayat suci al- Quran, baca puisi serta tilawah dan sari tilawah atau pembacaan dan terjemahan ayat suci al- Quran.

Kegiatan Seperti ini sudah menjadi rutinitas yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh SD IT Insan Madani Palopo, hanya saja dalam dua tahun terakhir kegiatan itu tak terlaksana lantaran pandemi. (*)

ADVERTISEMENT