Semarak HUT PDI Perjuangan ke 48: Diperingati Virtual di Palopo, Untuk Pecahkan Rekor MURI Nasi Tumpeng Terbanyak

73
ADVERTISEMENT

PALOPO–Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke 48 dengan tema “Indonesia berkeperibadian dalam kebudayaan” dilaksanakan secara sederhana di Sekretariat DPC PDI Perjuangan kota Palopo, di Jalan Nanakan nomor 17 Kelurahan Amassangan Kecamatan Wara, Minggu 10 Januari 2021.

Kegiatan HUT ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia via zoom namun untuk di DPC PDI Perjuangan kota Palopo dihadiri seluruh struktural partai dari DPC, PAC serta kader partai dan Anggota legislatif dari Fraksi PDIP di DPRD kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Dalam rangkaian HUT tersebut, ketua DPC PDI Perjuangan kota Palopo, Alfri Jamil SE MSi menyampaikan bahwa sesuai arahan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarnoputri di saat kondisi khususnya Pandemi Covid-19, pihaknya memperingati HUT partai dengan sederhana tapi tetap mengikuti protokol Covid-19.

“Adapun rangkaian kegiatan adalah menanam pohon di lingkungan masing-masing. Tujuan penanaman tersebut untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita,” papar Alfri lewat rilis yang diterima Koran Seruya, Senin (11/1).

ADVERTISEMENT

“Dan juga kita masing-masing di daerah selanjutnya membuat nasi tumpeng, dimana  setiap DPC seluruh Indonesia sebanyak 5 buah nasi tumpeng dengan warna nasi tumpeng ciri khas PDI Perjuangan dengan beras merah atau putih setiap DPC kab/kota seluruh Indonesia karena nantinya akan ada lembaga MURI yang akan menilai berapa banyak nasi tumpeng yang dibuat dan nantinya nasi tumpeng tersebut dibagi masyarakat yang ada di sekitar,” imbuh Alfri.

“Kita berusaha untuk memecahkan rekor MURI HUT secara daring dengan peserta terbanyak, penanaman pohon terbanyak oleh anggota Parpol, dan menyantap nasi tumpeng peserta terbanyak,” serunya lagi.

ADVERTISEMENT

Diketahui PDI Perjuangan telah memasuki usia yang ke 48 tahun, dimana usia itu adalah usia yang cukup mapan bagi sebuah partai politik.

Diperingati di Jakarta, Dihadiri Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual menghadiri perayaan hari ulang tahun ke-48 PDI Perjuangan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (10/1/2021).

Acara bertema “Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan” dihadiri jajaran Dewan Pimpinan Daerah, Dewan Pimpinan Cabang, Ranting, dan Anak Ranting PDI Perjuangan di seluruh Indonesia.

Hadir pula, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan yang juga Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Seskab Pramono Anung, Menkumham Yasonna Laoly, Menpan dan RB Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Jokowi dan Ma’ruf Amin hadir dari kantornya masing-masing. Begitupun Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Sementara Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti acara itu dari gedung kantor pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat

Acara diawali menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya,” dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, pembacaan Pancasila oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, dilanjutkan menyanyikan Mars PDI Perjuangan dan Hymne PDI Perjuangan.

Sebelum acara pembukaan ini, pagi tadi PDIP melaksanakan gerakan mencintai bumi sesuai dengan subtema HUT PDIP, yakni ‘Cinta Ciliwung Bersih’. Agenda membersihkan sungai dipusatkan di Sungai Ciliwung yang digelar sejak Minggu pagi. Namun, seluruh kader partai se-Indonesia turun membersihkan sungai-sungai yang terdekat dengan mereka.

(iys)

ADVERTISEMENT