Sepanjang 2018, Pemkab Lutim Salurkan 186 Traktor ke Petani

628
ADVERTISEMENT

LUTIM – Dukungan Pemerintah untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Luwu Timur terus dilakukan. Salah satunya adalah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada perwakilan kelompok tani se-Kabupaten Lutim selama tahun 2018.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kepala seksi Alsintan Dinas Pertanian, Bahar mengatakan selain para kelompok tani juga diberikan kepada Brigade yang nantinya bisa saja turun untuk membantu kelancaran pertanian petani. Mereka membantu menjadi operator alsintan.

ADVERTISEMENT

Menurut Bahar bantuan Alsintan ini bersumber dari APBN, APBN-TP serta APBD yang disalurkan melalui masing-masing perwakilan kelompak tani dan juga beberapa Brigade.

“Ada 38 Brigade yang diberikan selama tahun 2018 dari APBN-TP yang terkadang berbentuk kelompok atau unit pelayanan jasa alsintan (Upja),” tutur Bahar kepada Koran SeruYA, Selasa (4/12).

ADVERTISEMENT

Bahar berpesan, agar para petani untuk senantiasa melakukan pemeliharaan bantuan Alsintan tersebut. “Artinya harus dirawat dengan baik dan jika mengalami kerusakan maka juga harus dibenahi,” ujarnya

Selain itu, pihaknya juga melarang kelompok tani untuk menjual bantuan tersebut. Jika ditemukan ada kelompok tani yang nekat menjual bantuan Alsintan maka akan diberikan peringatan hingga sanksi yang tegas bagi yang bersangkutan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Kata Bahar bantuan Alsintan Yang disalurkan Dinas Pertanian Lutim Selama Tahun 2018, adalah traktor roda dua sebanyak 178 unit. “42 dari APBN, 36 APBN-TP, 100 APBD. Untuk traktor roda empat ada 8 yang berasal dari APBN,” jelasnya.

Sementara Pompa Air diserahkan sebanyak 20 unit. Bantuan tersebut berasal dari APBN-TP dan APBD. “Rice Transplanter 20 dari APBN, 6 APBN-TP, Hand Spayer 10 dari APBN-TP, Corn Planter/Manual 13 dari APBN, 10 APBN-TP, Tray 200 dari APBN serta Cultivator 5 dari APBN-TP,” pungkasnya. (has/liq)

ADVERTISEMENT