Serahkan LKPD TA 2023 Tepat Waktu, Pj Walikota Palopo: Seluruh OPD Dukung Proses Audit BPK

40
-Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menyerahkan Laporan Keuangan (LKPD) unaudited Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan di Kantor BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (22/3/2024).
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menyerahkan Laporan Keuangan (LKPD) unaudited Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan di Kantor BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (22/3/2024).

Penyerahan LKPD tersebut sebagai salah satu bentuk akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan negara kepada publik.

ADVERTISEMENT

Saat penyerahan LKPD tersebut, Pj Walikota Palopo Asrul Sani didampingi Sekretaris Daerah Kota Palopo, H. Firmanzah DP, Kepala BPKAD Palopo, Raodhatul Jannah, serta para pimpinan perangkat daerah di jajaran Pemkot Palopo.

Sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku, Pemerintah Daerah berkewajiban menyusun LKPD dan disampaikan ke BPK untuk dilakukan audit.

ADVERTISEMENT

Asrul Sani berharap dengan penyerahan LKPD tersebut, semua perangkat daerah dapat bekerja lebih cepat, maksimal serta akuntabel. “Terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses tersebut,” kata Asrul Sani.

Dalam kesempatan yang sama, Asrul Sani mengatakan Pemkot Palopo pada intinya siap mendukung suksesnya pemeriksaan rutin oleh BPK, sesuai dengan amanat undang-undang. Untuk itu, dia menginstruksikan seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkot Palopo untuk mendukung suksesnya proses pemeriksaan. Hal ini terutama dalam menyediakam data pendukung serta pelaksanaan wawancara.

“Kita bersyukur bisa menyerahkan laporan keuangan tepat waktu. Laporan ini tentunya masih jauh dari sampurna. Sehingga kami berharap tuntunan dan bimbingan dari BPK, sehingga Kota Palopo bisa kembali dan layak menyandang predikat WTP yang semakin berkualitas dari tahun sebelumnya,” ujarnya. (ADV)

 

 

ADVERTISEMENT