SERUYA TV: Walikota Palopo Dilantik 6 Kadis dan Sejumlah Pejabat Saat Apel Pagi

219
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Walikota Palopo, HM Judas Amir, akhirnya memberikan sanksi tegas kepada Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Bambang Sukamto. BS, begitu inisial Bambang Sukamto ini, dicopot dari jabatannya, dalam mutasi 24 pejabat di jajaran Pemkot Palopo, Senin (8/8/2022).

BS saat ini tengah berurusan polisi dalam kasus dugaan penipuan sejumlah tenaga honorer di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo. Dia diadukan sejumlah honorer di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo lantaran diduga melakukan tindak penipuan, yakni menjanjikan kepada sejumlah honorer untuk diangkat menjadi CPNS dan langsung mengikuti pelatihan Latsar, dengan catatan menyetor sejumlah uang.

ADVERTISEMENT

Dalam melakoni aksi dugaan penipuan tersebut, BS diduga mencatut nama Kepala BKPSDM Palopo, H. Farid Kasim Judas. Ini diketahui setelah salah satu staf Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo bernama Delfina, mendatangi kediaman Farid Kasim Judas, mempertanyakan nasibnya belum diangkat jadi CPNS.

Padahal dia mengaku telah menyetor sejumlah uang kepada BS, dimana dirinya dijanjikan diangkat jadi CPNS. Nah, pengakuan Delfina tersebut akhirnya berujung ke ranah hukum. Sejumlah korban yang telah menyetor ‘cuan’ kepada BS mengadu ke Polres Palopo.

Selain mencopot BS dari jabatannya, Judas Amir juga merotasi sebanyak 6 pejabat eselon II setingkat kepala dinas. Sebanyak enam pejabat eselon II bergeser, diantaranya Ishaq Iskandar sebelumnya menjabat Asisten III Pemkot Palopo bergeser menjabat Staf Ahli Walikota, Karno yang sebelumnya menjabat Kadis Kebudayaan juga bergeser menjabat Staf Ahli Walikota

Awaluddin yang hampir dua tahun menjabat Kadis Sosial bergeser menjabat Kadis Perindustrian menggantikan Burhan Nurdin, yang dalam mutasi dilantik menjabat Kepala BPBD Palopo. Anthonius Dengen dari Kepala BPBD Palopo dilantik menjabat Kadis Transmigrasi.

Jabatan Syahruddin sebagai Kepala Dinas Pendidikan Palopo juga mengalami pergeseran. Dia dilantik menjabat Kepala Dinas Perpustakaan menggantikan Kodrat Rippi yang telah pensiun. Jabatan Kadis Pendidikan masih lowong, karena dalam pelantikan pagi kemarin, belum ada pejabatnya dilantik.

Beberapa pejabat eselon III lainnya ikut dilantik, diantaranya Idham Nurdin menjabat Kabag SDA Pemkot Palopo, Andi Caridawati menjabat Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Ardas
Najeriah dilantik menjabat Sekretaris Dinas Koperasi UKM.

Jabatan Direktur Administrasi Keuangan dan Bina Program RSUD Sawerigading Palopo yang beberapa bulan ini lowong, juga diisi pejabatnya. Irhan Anugrah dipercaya menjabat salah satu kursi direksi di RSUD milik Pemkot Palopo itu. Dan satu-satunya lurah yang dilantik dalam mutasi ini, yakni Adriana Rumae dilantik menjabat Lurah Maroangin.

Judas Amir dalam arahannya usai melantik para bawahannya, menyampaikan agar para pejabat yang dilantik segera beradaptasi dengan tugas barunya. “Saya harap para pejabat yang diberikan jabatan baru agar bisa langsung beradaptasi dengan tugas barunya, berikan yang terbaik untuk Kota Palopo,” kata Judas Amir.

Menurut Judas Amir, mutasi pejabat tersebut dilakukan untuk penyegaran jabatan, termasuk pengisian beberapa jabatan lowong setelah pejabatnya memasuki pensiun. “Ini (mutasi) intinya untuk memenuhi kebutuhan organisasi,” ujar walikota dua periode ini.

Pelantikan pejabat Palopo tersebut diadakan di tengah pelaksanaan apel gabungan PNS sejajaran Pemkot Palopo, yang dilaksanakan di Halaman Belakang Kantor Walikota. Turut hadir Sekda Kota Palopo yang baru kembali menunaikan ibadah haji, Firmanza DP, termasuk Hasrianto yang sempat menjabat Plt Sekda Kota Palopo. (liq)

ADVERTISEMENT