Set Top Box cepat panas? Ini dia beberapa tips untuk mengatasinya

103
ilustrasi set box
ADVERTISEMENT

SEMARANG — Mengingat kini Kominfo sudah memberi informasi bahwa layanan TV analog akan dihentikan, kamu memerlukan sebuah alat yang disebut sebagai Set Top Box untuk menangkap sinyal TV digital agar kamu bisa tetap menggunakan TV sebagai tontonan hiburan sehari-hari. Jika selama ini kamu menggunakan TV dengan spesifikasi analog, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menonton di TV tersebut. Caranya adalah, dengan menggunakan Set Top Box Semarang, untuk warga Semarang, agar TV analog kamu bisa tetap menangkap sinyal TV digital yang mulai sekarang difungsikan.

TV selalu diandalkan oleh keluarga di rumah untuk menonton siaran yang menghibur ataupun siaran yang menampilkan berita penting. Tanpa siaran di TV, tentunya rumah akan terasa sepi dan kamu cenderung merasa bosan. Untuk tetap mendapatkan berbagai siaran yang menghibur dan update informasi yang penting, kamu perlu memasang Set Top Box di rumah. Layaknya alat teknologi pada umumnya, seperti misalnya komputer atau ponsel, Set Top Box ini juga memiliki kekurangan yaitu cepat panas jika digunakan terlalu sering. Selain mengurangi penggunaan agar tidak terlalu sering menyala dan bekerja, ada beberapa cara agar Set Top Box kamu tidak cepat panas dan dikhawatirkan sampai meledak.

ADVERTISEMENT

Berikut ini adalah beberapa tips agar Set Top Box tidak cepat panas. Apa saja tips tersebut? Simak ulasan selengkapnya.

  1. Matikan Set Top Box jika sedang tidak digunakan

Seperti halnya penggunaan alat-alat teknologi semisal ponsel dan komputer, Set Top Box juga akan mudah panas jika menyala atau digunakan terus-menerus tanpa henti. Apabila Set Top Box kamu di rumah sedang tidak digunakan, matikan Set Top Box kamu agar tidak menyala dengan percuma. Set Top Box yang terus-menerus menyala akan membuat alat tersebut akan mudah panas. Mematikan Set Top Box ketika sedang tidak digunakan juga merupakan langkah pertama untuk menghindari kamu dan keluarga dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan. Seperti misalnya Set Top Box yang overheat hingga meledak, bahkan sampai korsleting listrik.

  1. Beli Set Top Box original dari merk yang berkualitas

Maraknya penjualan Set Top Box tentu membuat kamu harus pintar memilih Set Top Box yang original. Untuk penggunaan di rumah, kamu perlu memilih Set Top Box dari merk yang berkualitas dan tidak abal-abal. Pernahkah kamu mendengar istilah Ada Harga, Ada Kualitas? Nah, istilah itu memberitahukan bahwa apabila kamu beli Set Top Box dengan harga yang murah, kualitasnya tentu akan sembarangan dan mudah rusak. Pilihlah Set Top Box dengan merk yang berkualitas dan jangan sampai kamu tergiur dengan harga yang murah.

Set Top Box yang berkualitas memiliki ciri-ciri tersendiri yang wajib untuk kamu pahami. Kamu wajib untuk menggunakan Set Top Box yang sudah tersertifikasi Kominfo. Set Top Box original dan berkualitas resmi dari Kominfo bisa kamu lihat dengan tanda pengenal berupa logo Siap Digital dan juga stiker Si Modi.

ADVERTISEMENT

  1. Arus listrik di rumah harus dalam keadaan stabil

Satu hal yang termasuk penting untuk kamu ketahui jika akan menggunakan Set Top Box adalah memastikan arus listrik di rumah kamu aman dan sedang dalam keadaan stabil. Hal ini sangat penting agar menghindari kamu dan rumah dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan seperti terjadinya korsleting pada Set Top Box yang kamu gunakan dan berujung kepada korsleting listrik pada rumah kamu.

  1. Jauhkan Set Top Box dengan alat elektronik di rumah yang lainnya

Alat elektronik memang cenderung mudah panas jika terus-menerus menyala ataupun digunakan. Nah, supaya Set Top Box tidak cepat panas dan terhindar dari kejadian lainnya seperti meledak atau lainnya, hindari menyimpan Set Top Box dekat dengan alat elektronik lainnya. Alat elektronik tersebut seperti misalnya kulkas, alat penanak nasi, yang mana alat-alat tersebut akan lebih mudah menghantarkan panas. Bahkan, kamu juga perlu menjauhkan Set Top Box tersebut dari TV agar tidak cepat panas.

Demikian beberapa tips agar Set Top Box kamu di rumah tidak cepat panas. Set Top Box yang bekerja terlalu sering hingga cepat panas dikhawatirkan bisa overheat hingga meledak. Maka dari itu, kamu bisa terapkan beberapa tips tersebut agar Set Top Box kamu bisa lebih awet, tidak cepat panas dan tentunya aman digunakan di rumah.

Mau beli Set Top Box untuk di rumah? Kamu bisa membelinya dari berbagai merk yang berkualitas melalui marketplace terbaik dan terlengkap yaitu Shopee. Shopee menghadirkan berbagai merk Set Top Box dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kamu yang mau membeli Set Top Box di Shopee dan mendapatkan layanan pengiriman cepat, kamu bisa memilih metode Pengiriman Instant yang akan mengantarkan barang kamu dalam 2 jam saja. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati promo Gratis Ongkir s/d 50RB. Nah, untuk kamu yang tinggal di Semarang, kamu bisa memesan set top box semarang di Shopee dan barang tersebut akan tiba di kamu dalam 2 jam. Sangat praktis, bukan? Yuk, segera download aplikasi Shopee sekarang juga dan checkout semua barang yang kamu butuhkan!

ADVERTISEMENT