Siaga Hadapi Bencana, TRC BPBD Palopo Atasi Pohon Tumbang dan Tenda Posko Covid-19 yang Diterbangkan Angin

181
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dalam waktu sehari, sejak tadi malam hingga pagi tadi, Senin 1 Juni 2020, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo melakukan kegiatan pembersihan sejumlah pohon tumbang di 3 titik di kota Palopo, serta 1 titik Posko Covid-19 yang tendanya diamuk angin kencang semalam.

Dari foto-foto yang tersaji, dijelaskan salah seorang koordinator TRC BPBD Palopo, Ricad, selaku Danru Tim Alfa yang memimpin kegiatan, kepada Koran Seruya mengatakan, sejak angin kencang dan hujan deras, ada beberapa kejadian terkait kebencanaan yang diterima pihaknya Minggu malam, kemarin.

ADVERTISEMENT

“Kami bergerak di 4 titik, ada pohon tumbang di 3 titik, dan di posko Covid-19 di Islamic Center tendanya diterbangkan angin, juga di dekat pintu gerbang masuk jalan poros Benteng Raya,” jelas Ricad yang membawa 8 orang anggotanya, dibagi ke dalam 2 regu.

“Alhamdulillah, semua bisa kami atasi, sebenarnya yang pohon tumbang di perumahan Benteng Alam Raya Binturu tadi malam juga mau kita bantu atasi, tetapi pemilik rumah khawatir (dengan kondisinya) jadi baru tadi pagi anak-anak bereskan,” jelasnya lagi.

ADVERTISEMENT

Tiga titik pohon tumbang, masing-masing di Lappo Lebang, Wara Barat, Lewadang Purangi, Sendana dan di Perumahan Benteng Alam Raya, Wara Selatan.

Dua regu TRC BPBD Palopo yang turun langsung ke lapangan ini adalah Tim Alfa sebanyak 6 orang dan Tim Bravo sebanyak 2 orang, dengan komandan regu (Danru) Tim Alfa dibawah kendali Ricad, sedangkan Danru Tim Bravo dikoordinatori oleh Zulkifli Sukirman.

Kepala BPBD Palopo, Antonius Dengen yang juga dihubungi mengajak masyarakat agar selalu waspada terutama di saat angin kencang (puting beliung) dan hujan deras melanda kota Palopo dengan intensitas tinggi. “Kami imbau masyarakat agar selalu waspada dan jika ada kejadian, langsung melapor ke petugas kami. BPBD Palopo siap membantu masyarakat, tim kami stand by 1 x 24 jam,” tandas Antonius, yang mantan Kadis PUPR Palopo tersebut, Senin (1/6). (iys)

ADVERTISEMENT