Siapkan 12 Bidang Keahlian, SMKN 2 Palopo Siap Terima 720 Siswa Baru

227
SMKN 1 Palopo siap menerima calon siswa baru untuk 12 pilihan bidang keahlian
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kuota SMKN 2 Palopo untuk siswa baru ialah sebanyak 720 orang. Dari jumlah tersebut bakal dibagi dalam 20 rombongan belajar (Rombel).

Hal itu diungkapkan Waka Kurikulum SMKN 2 Palopo, Suparman saat ditemui Koranseruya.com, pekan lalu. Dia mengatakan 20 rombel tersebut adalah kuota untuk 11 jurusan keahlian yang ada di SMKN 2 Palopo.

ADVERTISEMENT

Pada PPDB tahun ajaran 2021/2022, menurut Suparman, akan dibuka dalam 4 gelombang pendaftaran. “Ada 4 gelombang pendaftaran yang dibuka. Pertama, jalur terdekat dari sekolah dengan estimasi 5 persen atau sekitar 35 peserta didik yang diterima, dan sekarang yang masuk sistem yang kita kelola sudah 185 pendaftaran melalui jalur ini,” katanya.

Selanjutnya, jalur pendaftaran Afirmasi dengan besaran kuota penerimaan sebanyak 15 persen atau 108 peserta didik yang akan dibuka 21-23 Juni.

ADVERTISEMENT

SMKN 1 Palopo siap menerima calon siswa baru untuk 12 pilihan bidang keahlian

Kemudian jalur perpindahan orang tua dan anak guru atau TU serta Jalur Prestasi non akademik sebanyak 15 persen, jalur ini akan dibuka 23-30 Juni. “Yang terakhir adalah jalur pendaftaran Akademi, yang dibuka 5-7 Juli, pada gelombang pendaftaran jalur akademik jumlah kuota yang diterima berdasarkan sisa kuota yang yang belum terpenuhi,” ucap Suparman.

Suparman menjelaskan saat ini SMKN 2 Palopo memiliki 12 jurusan keahlian dengan keunggulan masing-masing bidang. Namun katanya, ada dua jurusan yang memiliki daya tarik tersendiri di SMKN 2 Palopo, yaitu Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomatis dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

ADVERTISEMENT

“Dua jurusan itu yang paling diminati karena kemudahan penyerapan di dunia kerja yang tinggi,” sebutnya.

Selain itu SMKN 2 Palopo juga merupakan Sekolah kejuruan dengan latar belakang teknologi. Adapun 12 pilihan bidang keahlian yang terdapat di SMKN 2 Palopo, yaitu Desain Pemodelan dan Informasi bangunan, Bisnis Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Pengelasan, Teknik Pemesinan, Teknik Komputer dan Jaringan, Analisis Pengujian Laboratorium. (har/liq)

ADVERTISEMENT