Sisi Lain Andi Rio, Pengusaha Penyuka Offroad yang Berniat Ikut Bangun Tanah Leluhurnya

2293
Andi Muhammad Rio Patiwiri Hatta bersama Irwan Bachry Syam
ADVERTISEMENT

PILKADA Luwu Timur (Lutim) 2020 yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang, kian menghangat. Apalagi dengan menguatnya nama Andi Muhammad Rio Patiwiri Hatta yang dipastikan berpaket dengan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam untuk melawan petahana, Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dikancah politik, nama Andi Rio, sapaan akrab Andi Muhammad Rio Patiwiri Hatta mungkin masih terdengar asing. Andi Rio dianggap sebagai pendatang baru. Kehadirannya juga sangat mengejutkan warga di daerah berjuluk ‘Bumi Batara Guru’ itu.

Tidak tanggung-tanggung, putra bungsu mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma ini, hadir sebagai penantang petahana yang berduet dengan Irwan Bahri Syam sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur 2020.

Suami Devi Thesya Feriska Konggoasa yang lahir di Kota Palopo, 01 Mei 1982 ini, kabarnya akan diusung Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Berbagai sumber menyebutkan keduanya sudah pasti berpasangan dan diusung oleh partai Besutan Surya Paloh dan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

ADVERTISEMENT

Walau sebagai pendatang baru, namun kiprahnya di dunia politik dan kepemudaan tak diragukan lagi. Alumni SD YPS Singkole Sorowako tahun 1994 ini, pernah tercatat sebagai Ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur Tahun 2014 – 2015.

Alumni SMP YPS Singkole Sorowako Tahun 1997 ini juga pernah tercatat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemuda DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur dari tahun
2009 hingga 2015.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Bukan hanya itu, Andi Rio yang menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 8 Malang pada tahun 2000, juga pernah tercatat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur mulai tahun 2012 hingga 2015

Pada dunia kepemudaan, pria penyuka olahraga otomotif (Offroad) yang menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) tahun 2007 ini juga piawai. Pernah dipercaya menjadi Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Luwu Timur tahun 2012 hingga 2017.

Walau pendidikan magisternya selesai pada jurusan Kenotariatan di Universitas Hasanuddin, adik kandung dr Andi Fauziah Pujiwatie Hatta Skg ini lebih memilih menjadi seorang pengusaha dengan bendera PT Patiwiri.

Menjadi calon wakil bupati di Luwu Timur mendampingi Irwan Bachri Syam tidak terlepas dari komitmennya sebagai putra daerah yang merasa punya kewajiban untuk membangun kampung halaman, tanah leluhurnya, Luwu Timur. (***)

ADVERTISEMENT