Siswa SMP 1 Palopo Rutin Latihan Tapak Suci

1371
ADVERTISEMENT

PALOPO – Diluar jam sekolah sekolah biasa, beberapa siswa SMP Negeri 1 Palopo aktif mengikuti ekstrakutikuler. Salah satu ekstrakulikuler yang diminati siswa adalah tapak suci.

Tapak suci merupakan salah satu cabang olahraga bela diri pencak silat. Selain untuk perlindungan dan pertahanan diri, tapak suci bermanfaat untuk memperkuat otot dan fisik siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler tersebut rutin dilakukan dua hari dalam seminggu di Lapangan SMPN 1 Palopo.

“Disini kami melatih siswa tentang teknik dan gerakan tapak suci. Selama dua kali dalam seminggu, kami biasanya latihan rutin,” kata Wahyu, Pelatih Tapak Suci di SMPN 1 Palopo.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, corak khas tapak suci menampilkan bobot beladiri dalam sebuah bentuk seni pencak silat. Selain itu, sebagai pelestari budaya bangsa, tapak suci mendorong anggotanya untuk melestarikan seni dan budaya nasional yang berjiwa luhur, dan meningkatkan iman dan taqwa melalui seni bela diri.

Meskipun bukan merupakan ekstrakurikuler atau organisasi wajib, beberapa siswa cukup menggemari tapak suci.

ADVERTISEMENT

“Biasanya kan kalau organisasi bela diri yang masuk banyakan laki laki, tetapi disini perempuan bisa dibilang tidak sedikit yang ingin berlatih,” tambahnya.

Latihan yang dilakukan sore hari tersebut tampak ramai, para siswa SMPN 1 Palopo tidak jarang melaksanakan latihan gabungan dengan sekolah lain.

“Kadang kita latihannya gabungan biar ramai dan tambah semangat saja, tapi hari ini hanya ada beberapa siswa sekolah dasar yang ikut disini,” terangnya. (apl/liq)

ADVERTISEMENT