Siswa SMPN 8 Palopo Dilatih Kemandirian Lewat Pramuka

605

PALOPO – Siswa SMPN 8 Palopo rutin latihan pramuka di sekolah mereka. Setiap sore hari para siswa yang tergabung dalam keanggotaan pramuka berkumpul di halaman sekolah guna melakukan berbagai latihan.

Latihan tersebut dilakukan sebagai persiapan jika sewaktu-waktu ada perlombaan. Dengan begitu, siswa tetap siap menghadapi perlombaan tersebut.

“Pramuka dapat membuat siswa menjadi mandiri, bertanggung jawab dan percaya diri. Olehnya itu, siswa diharapkan dapat masuk ke dalam pramuka, sehinga mereka memiliki interaksi sosial yang baik,” kata Kepala Sekolah SMPN 8 Palopo, Basri.

Mengenai pramuka, Plt Dinas Pendidikan Palopo, Asir Mangopo megatakan pramuka sudah menjadi program kurikulum 2013 (K13). “Pembina pramuka harus aktif dalam kegiatan ketrampilan berkaitan dengan pramuka. Karena pramuka bukan lagi masuk ekstrakurikuler. Tetapi wajib seluruh siswa mengikuti,” ungkapnya saat membuka Perjusami di SMP 8 Palopo beberapa waktu lalu.

“Manfaat dari acara ini harus terasa untuk siswa. Karena ini melatih disiplin serta dapat membentuk karakter setiap siswa,” pungkasnya. (apl/liq)