Smanem Palopo Satu-satunya Sekolah Negeri Lolos di Wilayah XI pada Seleksi Basic Kihajar STEM 2024

48
PLT Kepala Sekolah SMAN 6 Palopo, Sumarlin S.Pd., M.Pd
ADVERTISEMENT

PALOPO — SMA Negeri 6 Palopo atau Smanem, kembali menorehkan prestasi gemilang dengan berhasil mengantarkan dua tim siswanya lolos pada tahap Basic dan melaju ke ajang bergengsi Kihajar STEM 2024.

Ajang yang diselenggarakan oleh Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemdikbudristek ini merupakan kompetisi yang menguji kemampuan siswa dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM).

ADVERTISEMENT

Kompetisi Kihajar STEM tahun ini dilaksanakan secara daring melalui laman resmi https://kihajar.kemdikbud.go.id dan aplikasi mobile Kihajar STEM yang tersedia di Play Store.

Terdapat empat tahapan yang harus dilalui peserta, yaitu Basic, Intermediate, Advanced, dan Final. Setiap tim dalam kompetisi ini terdiri dari tiga peserta didik dan didampingi oleh satu guru pendamping dari sekolah yang sama.

ADVERTISEMENT

Pada tahap Basic, tim harus mengerjakan soal-soal yang telah disediakan dengan login ke laman resmi atau menggunakan aplikasi mobile Kihajar, menggunakan email dan password tim yang telah terdaftar.

“Pada tahap Basic hanya ada 20 tim yang lolos dari 133 tim se Sulawesi Selatan,” kata Guru Pendamping Tim STEM SMAN 6 Palopo, Haryanti, Minggu 11 Agustus 2024.

“Alhamdulillah 2 tim dari SMAN 6 Palopo, dan menjadi satu-satunya sekolah di wilayah Cabang Dinas Wilayah XI yang berhasil meloloskan dua tim siswanya ke ajang prestisius ini,” tambahnya

Kedua tim ini akan bersaing dengan 18 tim lainnya dari seluruh Sulawesi Selatan untuk memperebutkan tiket ke tahap Advanced.

PLT Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palopo, Sumarlin S.Pd., M.Pd menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian ini dan berharap tim-tim yang lolos dapat terus menunjukkan kemampuan terbaik mereka di tahap berikutnya.

“Ini adalah bukti bahwa kerja keras dan dedikasi siswa dan guru di SMA Negeri 6 Palopo telah membuahkan hasil. Kami berharap mereka bisa terus berprestasi dan mengharumkan nama sekolah serta daerah di ajang nasional ini,” ucapnya

Untuk diketahui, Kihajar STEM merupakan Program yang dirancang oleh BLPT Kemdikbudristek yang bertujuan sebagai wadah eksplorasi peserta didik pelajar Profil Pancasila yang Berpikir kritis, kreatif, Kolaboratif dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan proyek berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). (*)

ADVERTISEMENT