SMKN 1 Palopo Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik Selama 3 Hari

140
SMKN 1 Kota Palopo
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pendaftaran jalur prestasi akademik untuk SMKN 1 Kota Palopo dibuka mulai hari ini, Senin (5/7/2021). Pendaftarannya sendiri dilakukan secara online dengan masuk ke dalam link https://sulsel.siap-ppdb.com/.

Ketua PPDB SMKN 1 Palopo, Kasmuddin Wahyu mengatakan, pendaftaran jalur prestasi akademik dibuka selama tiga hari. “Dimulai tanggal 5 hingga 7 Juni 2021. Tanggal 9 Juni 2021 pengumuman sekaligus pendaftaran ulang bagi yang dinyatakan lulus,” ungkap Kasmuddin Wahyu.

ADVERTISEMENT

Kasmuddin menambahkan, untuk kuota di jalur itu sendiri sebanyak 65 persen. Selain itu, ada penambahan kuota dari jalur pendaftaran yang kuotanya tidak terpenuhi.

“Seperti jalur prestasi non akademik dan Jalur Perpindahan tempat tugas orang tua/wali, anak Guru dan anak Mitra Dudi. Dua jalur itu tidak memenuhi kuota pendaftar makanya kekurangan dari kuota itu akan ditambah di pendaftaran jalur prestasi akademi,” urainya.

ADVERTISEMENT

Guru Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) itu menjelaskan mekanisme pendaftaran jalur prestasi akademik. Dia mengatakan, nilai peserta didik dari empat mata pelajaran akan diranking. Mata pelajaran itu ialah, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKN.

“Nilai pendaftar akan dirangking, yang tertinggi akan diambil untuk memenuhi jumlah rombel yang diberikan kepada kami. Jurusan yang paling diminati ada tiga jurusan, yaitu TKJ, perkantoran, dan akutansi. TKJ diberikan 3 rombel, perkantoran 4 rombel dan akutansi 3 rombel,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Kendati demikian, SMKN 1 Palopo memberikan bantuan bagi orang tua siswa yang kesulitan mendaftarkan anaknya via online. Orang tua yang kesulitan dipersilahkan melapor ke pihak sekolah untuk kemudian dibimbing mendaftarkan anak mereka.

“Orang tua yang tidak paham dengan pendaftaran sistem online ini bisa melapor ke kami, biar kami bimbing mereka mendaftarkan anaknya ke SMKN 1 Palopo,” pungkasnya. (har/liq)

ADVERTISEMENT