SMP 14 Palopo Ikuti Supervisi yang Digelar LPMP Sulsel

67
ADVERTISEMENT
PALOPO–Salah satu upaya paling berpengaruh dalam pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan di sekolah adalah melalui supervisi.
Supervisi dilakukan secara berjenjang. Dari dinas pendidikan, pengawas dan kepala sekolah. Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang harus terus diupayakan dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan.
SMPN 14 Palopo pada hari Senin 18 November, kemarin mengikuti kegiatan supervisi di satuan pendidikan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan.
Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti kepala SMP se-kota Palopo dengan pemateri Ketua Pengawas Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asrin dan Sekretaris Pengawas Dinas Pendidikan Kota Palopo, Lukman.
Dalam kegiatan ini membahas tentang capaian pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas ke sekolah binaannya.
Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Jumak kepada Koran SeruYA mengatakan kegiatan Supervisi di Satuan Pendidikan secara daring ini merupakan sebuah proses untuk pemetaan mutu berdasarkan kondisi sekolah dan hasil Rapor Mutu.
“Tujuan dari kegiatan supervisi ini adalah melakukan analisis pemetaan mutu, menyusun rekomendasi dan tindak lanjut  berdasarkan kondisi di satuan pendidikan dari instrumen keterlaksanaan pembelajaran di masa Covid-19 dan Pemahaman standar pendidikan pada supervisi mutu pendidikan serta memperoleh informasi dan data pemetaan mutu sebagai akses peningkatan mutu yang secara berkesinambungan dan holistik dari hasil implementasi pemetaan mutu Pendidikan, diharapkan dari kegiatan ini hasil analisis dan rekomendasi untuk peningkatan mutu pada satuan pendidikan, setiap tahun ada perubahan mutu di Kota Palopo,” ujar Arifin Jumak.
Ditambahkan Arifin Jumak, menindaklanjuti  kegiatan supervisi ini, SMPN 14 Palopo akan mengadakan pertemuan dengan tenaga pengajar beserta staf untuk membahas hasil supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Dinas Pendidikan kota Palopo. (jun)

ADVERTISEMENT