SMPN 1 Palopo Beri Kesempatan Siswa Perbaiki Nilai

1557
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dalam kurun waktu satu minggu ini, siswa SMP Negeri 1 Palopo diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai dan tugas mata pelajaran yang belum tuntas. Hal tersebut dilakukan usai melaksanakan ujian kenaikan kelas yang dilaksanakan minggu lalu bagi siswa kelas 7 dan 8.

Rahmawati, Salah Seorang Guru SMPN 1 Palopo mengatakan perbaikan nilai usai semester memang sudah biasa diadakan. Hal tersebut dilakukan sebelum penerimaan rapor.

“Minggu ini setelah ujian semester digunakan untuk perbaikan nilai siswa. Jadi kalau ada siswa yang belum tuntas nilainya atau tugasnya, minggu ini adalah waktu perbaikan nilai mereka,” jelasnya.

Perbaikan nilai menjadi salah satu hal yang penting di sekolah. Itu dilakukan agar memberi kesempatan terhadap siswa untuk menuntaskan nilai-nilai yang bermasalah pada saat proses belajar mengajar yang diberikan guru.

ADVERTISEMENT

“Memang perbaikan nilai perlu dilakukan. Karena biasanya ada siswa yang nilainya masih di bawah standar. Biasanya karena tugas yang belum dikumpulkan atau nilai ujian yang tidak memenuhi rata-rata. Salah satu kendalanya juga karena ada yang izin atau sakit,” tambahnya.

Menurutnya minggu perbaikan nilai menjadi kebijakan dari sekolah bagi siswa yang masih belum memenuhi standar nilai. Namun Rahmawati menjelaskan tidak ada masalah nilai yang begitu perlu dipermasalahkan, rata rata nilai siswa telah memenuhi standar penilaian. (apl/liq)

ADVERTISEMENT