SMPN 1 Palopo Bersiap Hadapi Asesmen Nasional

56
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Palopo siap menghadapi asesmen Nasional. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala SMPN 1 Palopo, Sufirman saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Andi Pangerang No 2 Luminda, Wara Utara Kota Palopo, Kamis (29/7/2021).

“Ahamdulilah mulai hari ini kami mempersiapkan perserta didik untuk mengikuti pelaksanaan asesmen Nasional,” kata Sufirman.

ADVERTISEMENT

Sufirman mengatakan asesmen Nasional digelar September mendatang. Pesertanya sekira 40 dari siswa kelas 8.

Asessmen Nasional ialah salah satu program dari Kementerian Pendidikan. Asesmen ialah pengganti Ujian Nasional (UN). UN pada tahun 2021 bakal diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

ADVERTISEMENT

“Asesmen ini berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional. Pendidik melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasinya. Inti dari Asesmen ini melihat mutu sekolah secara keseluruhan jadi tidak ada lagi per individu dan ini juga hanya sampel saja tidak semua juga siswa yang ikut,” ungkapnya.

Lanjutnya, nama-nama siswa itu, dikeluarkan oleh kementerian Pendidikan. Sekolah tinggal mengambil data dan menyiapkan mereka sesuai dengan jadwalnya.

ADVERTISEMENT

Sementara soal proses belajar mengajar dalam pembelajaranya kata dia SMPN 1 Kota Palopo sudah berjalan dan sudah masuk minggu ketiga dengan sistem pembelajar masih jarak jauh.

“Kita masih mengunakan aplikasi yang tahun kemarin aplikasi Psikologi, kemudian terus memanfaatkan gotmeting dan kemarin juga kita sukses pelaksanan bimtek tetang akun belajar.id yang dari kementrian itu,” ucapnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT