SMPN 14 Palopo Berlakukan Aplikasi E-Rapor

511
ADVERTISEMENT

PALOPO – SMPN 14 Palopo telah menerapkan pemakaian aplikasi E-Rapor. Walaupun masih belajar penggunaan aplikasi tersebut, para guru sedikit terbantu dengan adanya aplikasi e-Rapor.

Salah satu guru SMPN 14 Palopo, Rabia mengatakan sekolah tempatnya bekerja baru saja menggunakan aplikasi tersebut. Walaupun sedikit rumit, tapi pekerjaan untuk mengisi rapor siswa dapat diselesaikan dengan cepat dibanding jika diisi secara manual.

ADVERTISEMENT

“Munculnya E-Raport ini, kami merasa susah-susah gampang dalam mengerjakannya. Kami butuh waktu beberapa hari untuk bisa. Tapi kami yakin bisa menggunakan aplikasi ini, sebab kami juga busa menghemat waktu jika menggunakan aplikasi ini,” ungkap Rabia.

Khusus kelas 8 dan 9 masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sedangkan kelas 7 sudah menggunakan Kurikulum 2013, yakni melalui aplikasi e-Rapor.

ADVERTISEMENT

Hanya saja, kekurangan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal serius yang dihadapi SMPN 14 Palopo. Karena kurangnya SDM, sehingga pekerjaan menumpuk di satu orang.

“Kami tidak dapat menyelesaikan rapor tepat waktu karena kekurangan SDM. Operator e-Rapor merangkap OPP Dapodik serta proktor ujian sekolah dan simulasi Ujian nasional. Untuk itu, pekerjaan diantri sesuai urgenitas,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Kendati demikian, SMPN 14 Palopo akan kedatangan 10 pegawai baru di Tahun 2019 ini. Pegawai itu berasal dari peserta tes CPNS yang lulus 2018 lalu.

“”Kondisi kekurangan SDM tidak akan dipersoalkan lagi, tahun ini kami kedatangan 10 pns dari hasil tes cpns 2018,” pungkasnya. (wah/liq)

ADVERTISEMENT