SMPN 14 Palopo Gelar Pemilihan Ketua Osis Secara Online

504
ADVERTISEMENT

PALOPO – SMPN 14 Palopo menggelar pemilihan ketua Osis untuk periode 2019-2020, pekan lalu. Pemilihan ini dilakukan secara demokrasi dan berlangsung dengan tertib.

Menariknya, proses pengambilan suara dilakukan secara online. Sistem pemilihan Ketua Osis secara online baru pertama kali diterapkan di SMPN 14 Palopo.

“Ini baru kali ini kami terapkan sistem online dalam pemilihan ketua Osis. Selain lebih efesien, proses penghitungan suara juga jadi lebih cepat,” ucap pembina Osis SMPN 14 Palopo, Ribka Tandi kepada Koran SeruYA, Senin (1/4/2019) siang.

Untuk pemungutan suara, pihak sekolah menyiapkan 10 smartphone di bilik suara. Para siswa kemudian menyalurkan hak suaranya melalui aplikasi yang ada di smartphone tersebut.

ADVERTISEMENT

“Kami menyiapkan 10 android untuk 250 siswa kami yang menyalurkan hak suara mereka. Prosesnya tidak lama, jadi lebih efektif dibanding jika memakai cara manual,” ujarnya.

Dalam pesta demokrasi tersebut, Farhan Saputra terpilih jadi Ketua Osis. Sedang sekretaris diamanahkan kepada Sifa Lestari. “Bendahara dipercayakan kepada Silva. Pemilihan pegurus inti Osis ini dilakukan dengan cara yang demokrasi,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 14 Palopo, Sahabuddin mengatakan pemilihan ketua Osis mengajarkan siswanya untuk belajar berdemokrasi. “Osis sebagai wadah bagi siswa untuk belajar bersosialisasi. Selamat yang telah terpilih, semoga mengemban tugas dengan amanah,” pesan Sahabuddin. (liq)

ADVERTISEMENT