SMPN 14 Palopo Persiapkan Diri Hadapi Asesmen Nasional

53
Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Jumak.
ADVERTISEMENT

PALOPO – SMPN 14 Palopo mempersiapkan diri untuk melakukan Asesmen Nasional. Program pengganti Ujian Nasioal (UAN) bagi SMP dan SMA itu telah disosialisasikan kepada para pendidik di SMPN 14 Palopo.

Hal itu diungkapkan Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Jumak kepada Koran SeruYA, Rabu (4/8/2021) sore. Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat untuk membahas Asesmen Nasional.

ADVERTISEMENT

“Kami sudah melakukan sosialiasi ke teman-teman guru. Insya Allah, kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar anak didik kami bisa mengikuti asesmen nasional dengan baik,” jelas Arifin Jumak.

Arifin menjelaskan, salah satu persiapan yang dilakukan dimulai dari kesiapan siswa menghadapi asismen nasional. Pihaknya bakal melakukan bimbingan kepada anak didik mereka.

ADVERTISEMENT

“Bimbingan akan kami lakukan kepada anak didik. Mereka akan didampingi salah seorang guru pembimbing agar tidak menghadapi kesulitan saat bimbingan,” ujarnya.

“Kami berharap, anak didik kami dapat mengikuti asesmen nasional dengan nilai yang memuaskan,” harapnya.

ADVERTISEMENT

Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Perubahan mendasar pada asesmen nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Selain itu, Asesmen Nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan ujian sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Langkah ini disebut sebagai penanda perubahan terkait evaluasi pendidikan di Indonesia. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT